Informasi Pendidikan Eskul Media Mandiri bersama SMA PGRI 1 Majalengka, SMKN 1 Talaga, SMAN 2 Majalengka, SMKN 1 Majalengka, SMAN 1 Jatiwangi, SMAN 1 Talaga

Kamis, 09 Desember 2010

KAAS KOP (CHEESE HEAD ) Liputan Langsung ESKUL dari Belanda

KEJU DARI BELANDA

*) Laporan  Priharyanti Van Herp 

Keju Belanda
Priharyanti Van Herp, kru ESKUL Belanda 
Sebagaimana layaknya masyarakat umum di Eropa, masyarakat Belanda merupakan salah satu penyandang pangan keju terbesar di EROPA . Selama berabad-abad, keju merupakan komodititas penting di Belanda. Ada pepatah di Belanda yang mengatakan "Laat je de Kaas niet van je brood eten ( dat iemand is sneller dan jouw met iets om te beslissen). Jangan biarkan orang lain makan kejumu .
Pepatah ini berartikan bahwa kalau seseorang tidak bergerak dengan cepat atau terlambat berfikir akan terkalahkan dengan orang lain yang lebih cepat, jangan sampai kalah cepat memutuskan sesuatu .
Keju adalah salah satu bahan pangan yang hampir tabu untuk ditinggalkan di dalam kehidupan sehari -hari, masyarakat Belanda, orang Belanda biasa mengkonsumsi keju di antara nya dengan roti, sebagai mana snack dan untuk membuat kue . Kalau jaman nenek moyang kita dahulu kala, keju biasa diasosiasikan dengan Belanda.
Keju terbuat dari susu melalui proses pengentalan, hewan yang dijadikan sumber susu adalah sapi . Tapi juga bisa dari domba, kambing, unta, dan kuda. Begitu banyak macam-macam keju akan tetapi semua melalui proses awal yang sama . Setelah keju dibuat pertama kali nya akan terdampak struktur yang masih sangat lembut dan mempunyai rasa yang sedikit tawar . Untuk mencapai produk keju yang lengkap  terdapat proses PENUAAN atau PEMATANGAN
Priharyanti Van Herp dengan latar belakang kaas kop di Belanda
Proses ini mencapai waktu berkisar antara 4 minggu sampai satu tahun . Semakin lama proses PENUAAN keju, semakin legit rasa kejunya . Masyarakat di Belanda mempunyai kebiasaan untuk memilih tingkat legit keju, sebelum dikonsumsi. Jonge KAAS atau Keju Muda melalui tahap penuaan sekitar 4 minggu. Oude Kaas atau Keju tua sekitar 10 - 12 bulan .
Di Belanda ada beberapa kota yang terkenal dengan penghasil kejunya .
GOUDA kota yang terkenal di sekitar Belanda ini mempunyai daya tarik sangat besar dalam pemasaran KEJU .
GOUDSE KAAS markt atau pasa Keju Gouda diadakan seminggu sekali dalam musim panas . Banyak turis yang berasal dari seluruh dunia datang ke pasar ini hanya untuk melihat bagaimana keju diperdagangkan yang dimulai dari berabad abad yang lalu .
Kota lainnya adalah EDAM juga sangat popular dengan pasar kejunya. Kota WOERDEN ALKMAAR, dan HOORN .
Siapapun yang melancong ke Belanda, pasti akan menyempatkan diri untuk melihat pasar keju ini . Selain rasa keju Belanda yg enak.
Asosiasi Belanda dengan Keju sangatlah kuat, seperti kata pepatah Belanda lain nya "Daar heb ik geen kaas van gegeten 
(saya belum makan keju dari itu ) yang berarti "saya belum mengerti atau " atau jadi makan keju lah supaya pandai .***

2 komentar:

  1. Kebetulan anaku paling suka keju....nanti aku kasih literatur ini biar dia tau asal usul n keju yg baik itu ada dimana...thanks atas literaturnya

    BalasHapus