Liputan Pendidikan

PhotoScape Mania MS Product bersama SMAN 1 Kasokandel, SMAN 1 Sukahaji, SMAN 1 Kadipaten, SMKN 1 Kadipaten, MTsN Sukaraja, SMPN 1 Kasokandel

Sabtu, 30 Januari 2010

Model Eskul : RESTY

Resti Fhariska Dewi 

Resty




Model Tabloid Pendidikan ESKUL 
Perwakilan
SMK Analis Kimia YPPT Majalengka







Jumat, 29 Januari 2010

Artikel Akademik UNMA

Penataan Kelembagaan dan Desentralisasi Pendidikan

Prof. DR.H.A. Yunus,SH,M.Si. 
1) Penataan Kelembagaan dan Desentralisasi Pendidikan Dasar 
Dalam upaya menata kembali kelembagaan dan desentralisasi pendidikan dasar, sedikitnya ada tiga hal yang perlu dikemukakan, yakni tentang kelembagaan institusi yang merupakan hambatan bagi peningkatan mutu Wajib Belajar Pendidikan Dasar, Pelajaran dari negara-negara lain, dan Usaha mengatasi kelemahan-kelemahan institusi
a. Kelemahan Institusi Merupakan Hambatan dalam Mutu Wajib Belajar Pendidikan Dasar
      Kelemahan institutional yang selama ini dirasakan sebagai penghambat potensial alam penyelenggaraan desentralisasi pendidikan di Indonesia meliputi empat hal, khususnya pada jenjang pendidikan dasar. Keempat hal tersebut adalah (a) sistem organisasi yang kompleks pada jenjang pendidikan dasar, (b) manajemen yang terlalu sentralistik pada jenjang SLTP, (c) terpecah belah dan akakunya proses pembiayaan pada jenjang pendidikan dasar dan SLTP, dan (d) manajemen yang tidak efektif pada sekolah.
      Secara singkat, penjelasan dari keempat hambatan institusional tersebut adalah sebagai berikut :
      Pertama, kompleksnya pengorganisasian pendidikan dasar, sedikitnya ada dua peran yang sama kuat, yakni : Depdiknas yang bertanggung jawab tentang materi teknis pendidikan dan mutu teknis yang meliputi kurikulum, kualifikasi dan sertifikasi guru, testing, evaluasi buku teks dan kelayakan bahan ajar. Dan Depdagri yang bertanggung jawab menangani hal-hal yang berkenaan dengan ketenagaan, material, dan sumber daya lainnya (biasa disebut 3 m).
     

Kamis, 28 Januari 2010

Objek Wisata

Pesona Ujung Genteng

Rekan Petualang, setetes nirwana jatuh di ujung pesisir selatan Jawa: Ujung Genteng. Pesona keindahan bumi nan perawan. Surga bagi jiwa-jiwa yang mencari ketenangan dan kedamaian. Tak perlu menunggu libur panjang, kamu bisa kesana pada hari sabtu-minggu dan cukup buatmu menikmati sejumlah keindahan alam ujung genteng.
Bagi kamu Angkotters (istilahku untuk backpacker domestik :P) , tak kan menghabiskan lebih dari 200ribu pulang pergi, termasuk ongkos ojeg ke tempat wisata (curug cikaso misalnya, sekitar 20km dari ujung genteng bisa naik ojeg atau sewa angkot). Adapun rute angkutan umum yang bisa kamu gunakan sebagai berikut:
1. Dari Jakarta atau Bandung atau kota lain, carilah angkutan termudah ke Sukabumi atau Bogor.
2. Dari terminal Bogor atau Sukabumi naiklah angkutan jurusan Surade, tarif 25-35 ribu.
3. Dari Surade, kamu tinggal naik 1 angkot lagi ke Ujung Genteng, atau bisa naik ojeg.
Perjalanan ke Ujung Genteng seperti perjalanan ke Ujung dunia. Tikungan, tanjakan dan turunan itu seakan tak ada habisnya. jurang dikanan kiri, kualitas jalan yang buruk, bagi beberapa orang mungkin terasa menyiksa, tapi bagiku malah menyajikan kenikmatan sekaligus pengalaman tersendiri.
Banyak pilihan tempat menarik yang wajib dikunjungi: Tanah Lot amandaratu, curug Cikaso, Pantai Ujung Genteng, Cibuaya, Pelabuhan, Muara Cipanarik, Muara Cikarang dll.
Untuk penginapan, banyak tersedia penginapan dari harga termurah 100ribuan hingga 1 jutaan. 

Sumber : http://ujung-genteng.info

Rabu, 27 Januari 2010

Kisah Kesuksesan Karena Sedekah

Kisah Kesuksesan Karena Sedekah

Ini kisah nyata yang dialami teman bekas guru SMA saya beberapa tahun yang lalu. Kisah ini berhubungan dengan sedekah yang dilakukan dengan keiklasan luar biasa. Bagi saya terdengar agak ganjil dan mustahil, tapi memang itulah kenyataannya. Sepasang suami istri yang menyedekahkan hampir semua hartanya di jalan Allah, kemudian hidup mereka dipasrahkan pada Allah.

Pertama kali mendengar cerita ini, saya kurang percaya, tetapi melihat siapa yang menceritakan saya sangat mempercayai kebenaran cerita ini. Sayang sekali sewaktu saya dan bekas guru SMA saya akan mampir ke rumah pengusaha ini, sang pengusaha sedang keluar rumah.

Kisah ini sebenarnya diawali kegundahan sepasang suami istri akan kebahagiaan yang mereka dapatkan dari harta yang dimiliki. Mereka seakan tidak merasa bahagia walaupun hartanya berlimpah. Bagi mereka, yang terpenting adalah ketenangan hidup. Akhirnya suami istri ini mengambil keputusan yang tergolong nekat. Mereka memberikan hampir semua hartanya untuk mereka sedekahkan di jalan Allah. Hanya satu tujuan mereka; ingin hidup tenang dan tidak terbelenggu dengan nikmat sementara duniawi. Mobil dan beberapa harta berharga lain mereka jual dan mereka sedekahkan. Mereka tidak takut akan kelaparan, karena mereka yakin Allah pasti akan menolong dan memberikan jalan terbaik bagi mereka.

Allahu Akbar! Bukan kesengsaraan yang mereka dapatkan akibat membuang hampir semua harta mereka demi ingin memulai hidup sederhana itu, tetapi kekayaan suami istri ini malahan berlipat-lipat tak terhingga. Kini mereka mempunyai dua perusahaan besar, seakan-akan perusahaan yang dulu dijual untuk disedekahkan malahan diganti 2 perusahaan yang jauh lebih besar dan sangat terkenal oleh Allah. Kini mereka sangat bahagia dengan kekayaan yang mereka miliki. Lebih dahsyat lagi, sepasang suami istri ini ingin memulai lagi seperti yang mereka lakukan beberapa tahun yang lalu. Mereka akan menyedekahkan dua perusahaan itu, bukan imbalan Allah yang mereka harapkan, tapi perasaan sangat dekat dengan Allah dan merasa diperhatikan dan disayang Allah itulah yang tidak bisa digambarkan oleh mereka saat melakukan cara ini.

Sebenarnya langkah yang dilakukan oleh sepasang suami istri ini adalah langkah logis, cuma belum banyak orang yang berani melakukannya. Tentang sedekah Allah bahkan menjanjikan langsung akan melipat gandakan beberapa kali lipat jika manusia melakukannya dengan ikhlas hanya untuk Allah semata. Bahkan balasan atau pahala dari sedekah akan lebih berlipat-lipat lagi jika dilakukan untuk keperluan berjuang di jalan Allah. Semoga kisah di atas bisa membuka mata hati kita akan kekuatan sedekah. Sedekah seperti bernafas, kita harus mengeluarkan nafas kotor banyak untuk bisa menghirup udara bersih banyak pula. Jika mengeluarkan nafas kotor sedikit, akan sedikit pula udara bersih yang bisa kita hirup.

Puisi : Doa untuk Kakek dan Nenek

 Doa untuk Kakek dan Nenek



Kasih dan sayangmu ~ seputih salju
Hati dan jiwamu ~ selembut kapas
Tapi kini ~
engkau telah pergi
namun kini ~
engkau telah memejamkan mata
dikala ~
aku ingin membalas segala cintamu
segala kasih dan sayangmu

Seakan aku tak percaya
bagaikan tersambar petir disiang hari
Disaat aku dengar ~
Engkau telah pergi
dan tak mungkin kembali

Seakan aku tak percaya
bagaikan tersiram hujan dipadang pasir
dikala aku tahu ~
Engkau telah menutup mata
untuk selama – lamanya


Kakek ~
Nenek ~
Terlalu cepat engkau pergi
tiada lagi kudapati canda tawamu
tiada lagi kujumpai senyum tangismu


Kakek ~
Nenek ~
Begitu cepat engkau memejamkan mata
Tiada lagi…
kudapatkan pelukkan hangatmu
tiada lagi…
kurasakan keluh kesahmu
dan…
tiada lagi kudengarkan nasehatmu

Kakek ~
Nenek ~
Kini ~
hanyalah kenangan yang dapat kusimpan
dan….
hanyalah pesan dan nasehatmu yang
akan selalu kuingat
hingga ajal datang menjemput cucumu

Kakek ~
Nenek ~
Tenanglah kau disana
berbahagialah engkau disisi – Nya
hanya ampunan yang dapat kupohonkan
dan….
hanyalah doa yang dapat kupanjatkan

Karya : Febry Alfanuddin Indalloh
Semarang,
Minggu, 081006


Senin, 25 Januari 2010

Oktavita Menulis.......Doa yang Terlupakan

Sufyan bin Uyainah mengatakan, "Jangan takut bila Allah tidak akan mengabulkan doamu karena Dia mengetahui kejelekan yang ada padamu, sebab Dia telah mengabulkan doa dari makhluk-Nya yang paling jelek, yaitu iblis, ketika iblis berkata:

"Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan." (Al-A'raf:14).

Allah pun mengabulkan permintaan iblis dan berfirman,

"Sesungguhnya kamu termasuk orang yang diberi tangguh." (Al-A'raf:15)

Permohonan iblis pun telah dikabulkan. Tidakkah Allah juga akan mengabulkan permohonan kita?

Allah telah mengabulkan ribuan bahkan lebih doa kita namun kita melupakannya. Tidak selamanya pengabulan doa seketika itu juga. Terkadang Allah mengabulkannya pada waktu yang telah ditentukan dan kita pun lupa bila hal itu sesungguhnya sebagai jawaban atas doa kita sebelumnya. Dan bila doa pun tak kunjung terkabul, Allah telah memberikan ketetapan yang lebih baik untuk kita, karena sejatinya Allah Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk kita.

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang mendo'a apabila ia berdoa kepada-Ku.." (Al-Baqarah:186)

Wallahu'alam.. :)
Sahabat Rahimakumullah, mari ajak sahabat yang lainnya untuk bergabung dalam group ini..
Jazakumullah khairan :)

(Naskah Via Facebook) 

Kamis, 21 Januari 2010

H. Sanwasi : "Momon Lentuk itu Asset Potensial !"


 H. Sanwasi : "Momon Lentuk itu Asset Potensial !"


Mantan Pelaksana Tugas Harian (Plth) Kepsek SMAN 1 Majalengka Drs.H. Sanwasi,MM membantah dirinya telah menghalangi kesempatan guru sekaligus Wakasek Humas SMAN 1 Majalengka Momon Lentuk,S.Pd.,M.Pd untuk dialihtugaskan menjadi pejabat di lingkungan Setda Kabupaten Majalengka. H. Sanwasi yang ditemui di Kantor Disbinmudorabudpar tempat kini ia bertugas menyebutkan bahwa dirinya memang pernah menanyakan mengenai hal itu namun tidak bermaksud untuk menghalangi. "Sebagai Sekretaris Kadisdik waktu saya memang bertanya, mau pindah ke mana. Saya kan wajar bertanya demikian karena ia sudah meminta izin untuk alih tugas. Ia juga pernah datang bersama Pak Aan Hartawan ke rumah setelah usai Study Tour. Saya tanya lagi waktu itu. Saya juga bertanya langsung kepada Pak Sis  (H. Siswantoro, Kepala BKD). Pak Sis kan jawab kalau jadi eselon 4 itu tidak mungkin. Yang memungkinkan itu jadi fungsional umum !" Ujar H.. Sanwasi menahan emosi. 

Selasa, 19 Januari 2010

Doa untuk Sang Anak ....


Doa untuk Sang Anak 

Oleh : Endang Suhendar

Tia Ayu Destiana dan Jenifer Arizona adalah dua dari beberapa siswi di Majalengka yang saya sebut sebagai anak. Kata anak di sini adalah perwujudan kecintaan saya terhadap dunia pendidikan. Ada tudingan yang kurang enak mengenai kehadiran pelajar cantik di sekeliling saya tapi semua itu saya anggap angin lalu. Yang jelas saya sudah mencoba mendekati pelajar-pelajar putra namun sampai saat ini pelajar putra belum ada yang siap dilibatkan dalam Eskul Modelling Agency.

Jenifer Arizona kini masih bersekolah di SMKN 1 Palasah. Sejak mulai masuk di sekolah tersebut, gadis yang akrab dipanggil Zhira itu  sudah membanggakan sekolah dengan meraih Juara KDPM bidang akting. Prestasinya ditindaklanjuti dengan kiprahnya bermain film amatir durasi singkat berjudul VIRUS yang didanai oleh pihak sekolah.

Sementara Tia Ayu Destiana sampai saat ini masih disiapkan untuk menjadi model Eskul masa depan. Saat ini ia masih bersekolah di SMPN 1 Panyingkiran. Secara rutin saya selalu datang ke sekolahnya untuk menanyakan perkembangan kondisinya.

Konsep saya memajukan dunia pendidikan Majalengka melalui pembinaan para pelajar sedikit demi sedikit mulai difahami oleh para petinggi Disdik termasuk Wakil Bupati Majalengka. Mereka sudah tahu obsesi saya di bidang pendidikan. Oleh karena itu, saya sebagai pengelola media  juga ingin diakui sebagai bagian dari insan pendidikan.

Saya tidak pernah melibatkan anak-anak saya untuk membantu mengelola Eskul. Hal yang saya bebankan kepada mereka adalah satu tujuan untuk meraih prestasi setinggi mungkin. Saya targetkan kepada semua anak-anak saya untuk bisa menjadi juara umum di sekolahnya masing-masing.

Bukan hal yang tidak mungkin suatu waktu mereka bisa meneruskan kiprah saya mengelola Eskul. Saya ingin Eskul diteruskan oleh mereka yang kini sedang menuntut ilmu. (Bersambung)

















Sabtu, 16 Januari 2010

Kisah Nyata : Sengsara Membawa Berkah...

Drs. Wawan Sonjaya, M.Pd


Putra Kepuh Sang Kandidat Doktor


Kepuh adalah salahsatu desa di Kecamatan Lemahsugih Majalengka yang tidak jauh jaraknya dengan kawasan pegunungan Cakrabuana Wado Sumedang. Di desa tersebut lahirlah seorang anak pendidik yang hidupnya sangat sederhana. Ia kini tercatat sebagai Kandidat Doktor di Uninus. Hartanya bisa dikatakan lebih dari cukup karena ia sudah memiliki rumah, kendaraan, yayasan, sekolah, dan memiliki tabungan yang katanya cukup untuk membiayai anaknya sekolah di luar negeri. Ia juga tercatat sebagai PNS di Depag Majalengka dengan jabatan Pengawas Madrasah dan kini dipercaya oleh Kanwil Depag sebagai Aksesor Madrasah dan SMP di Garut. 
Namun di balik itu, ia masih menyimpan kesedihan dan luka hati yang sangat dalam terutama saat mengingat kembali masa mudanya.

Aljaedis@Net


Aljaedis@Net
Facebook, Chatting, Browsing, dll

Fasilitas AC 

Jln. Gerakan Koperasi Kota  Majalengka


Rabu, 13 Januari 2010

Dadi Pakar Menulis ...................TUGAS KITA IALAH BELAJAR

TUGAS KITA IALAH BELAJAR


MANFAATKAN WAKTUMU DENGAN BIJAKSANA—DAPATKAN HASILNYA

      Rencanakanlah jam-jam setelah sekolah dengan seksama, sehingga ada waktu lebih banyak untuk belajar dan untuk bermain. Bila perlu, buatlah bagan, dan sediakan ruang kosong untuk setiap jam yang bebas. Jadwalkan waktumu antara belajar, olahraga, hobby, membaca tambahan, kegiatan keagamaan, dan kegiatan sosial, nonton TV dan mendengarkan radio. Untuk mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dari waktu belajar di rumah, siapkan kertas catatan, pinsil, dan bahan rujukan sebelum kamu mulai. Mintalah teman-temanmu agar tidak meneleponmu pada waktu kamu belajar. Kerjakan secara sistematis satu tugas ke tugas yang lain, dengan “waktu jeda” sesingkat-singkatnya untuk makan makanan kecil, bercakap-cakap, atau kegiatan lain yang membuang waktu. Manfaatkan “keping-keping waktu” singkat……….pelajari kata-kata sulit ketika menumpang angkutan kota, sediakan kartu-kartu kecil catatan tanggal-tanggal sejarah, rumus-rumus matematika atau fisika, untuk dibaca ketika kamu menunggu atau mengantri.
     
PELAJARILAH CARA BELAJAR DAN MENEMPUH TES DAN UJIAN—PASTI BERGUNA!
      Siapkan pikiranmu untuk menguasai keterampilan-keterampilan yang akan membuat kamu berhasil dalam tugas-tugas di sekolah. Tahukah kamu bagaimana membuat catatan, bagaimana mengadakan penelitian pustaka, memanfaatkan perpustakaan, bagaimana mendapatkan sari dari bacaan yang sulit, secara tepat? Tanyakanlah kepada gurumu; mintalah bahan-bahan bacaan yang memberimu petunjuk cara belajar. Tahukah kamu, bagaimana mempersiapkan diri dan menempuh tes atau ujian ? Apakah kamu harus mendahulukan menjawab soal atau pertanyaan yang paling mudah atau yang paling sukar? Bagaimanakah cara terbaik untuk menyusun tes esai? Tahukah kamu cara memanfaatkan waktu yang tersedia secara tepat? Banyak cara yang akan membuat kamu lebih efisien ketika menempuh tes dan ujian.

ARAHKAN PANDANGANMU PADA BOLA—PASTI KAMU BERHASIL!
      Setiap kali kamu tergoda untuk menyampingkan tugas pekerjaan rumah, menangguhkan belajar untuk tes sampai saat-saat terakhir, melamun di kelas,…. Ingatlah dirimu apa yang sedang kamu hadapi. Sekarang, angka-angka yang kamu peroleh di kelas maupun pada ujian akhir, lebih menentukan. Indeks prestasimu yang tinggi akan menentukan kamu diterima di pendidikan yang lebih tinggi, lagipula, keberhasilan karirmu, tentu saja, tidak hanya bergantung pada pengetahuan yang dapat kamu serap di kelas. Hal paling bijaksana yang kamu lakukan bagi dirimu adalah dengan menganggap bahwa sekolah adalah kegiatan yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh.
     
     
PILIHLAH BIDANG STUDI YANG MANTAP—PASTI ADA GUNANYA!
      Jika ada bidang-bidang studi pilihan dan penjurusan, lawanlah kecenderungan untuk mengambil yang mudah-mudah. Pilihlah bidang studi yang akan mendorongmu ke rencana-rencana karir yang lebih menantang dan mantap. Tanyakan kepada orang tua, guru bimbingan.

AMBILLAH KEGIATAN TAMBAHAN—PASTI ADA MANFAATNYA!
      Jika kamu ingin mendapatkan manfaat lebih banyak dari sekolah, jangan membatasi diri hanya melaksanakan tugas-tugas kelas. Jika kamu memiliki kemampuan lumayan dalam bahasa asing, cari dan bacalah di perpustakaan bahan bacaan dalam bahasa tersebut. Bila pandai dalam matematika, ambillah buku teka-teki matematika dan coba jawab soal-soalnya sebagai hiburan. Jika sejarah adalah bidang studi kesukaanmu, bacalah buku-buku riwayat hidup atau biografi. Apakah kamu suka sains? Kunjungilah museum ilmu pengetahuan, bacalah bahan bacaan yang memberi semangat di bidang sains dan teknologi yang paling kamu sukai.

BERTANYALAH KEPADA PARA AHLI—PASTI BANYAK MANFAATNYA!
      Apakah kamu bertanya-tanya apakah kamu sebaiknya melanjutkan ke perguruan tinggi, atau karir apa yang paling cocok bagimu, mengapa kamu sulit menempuh tes atau ujian? Jangalah mencoba memecahkannya sendiri. Bertemanlah dengan guru bimbingan dan mintalah nasihatnya. Berbicaralah dengan gurumu, seusai pelajaran di kelas. Mintalah saran-saran mereka tentang buku-buku yang dapat membantumu memecahkan masalah khusus dalam belajar dan karir. Manfaatkanlah keahlian dan pengetahuan para ahli itu.

KEMBANGKAN BANYAK MINAT—PASTI AMAT BERMANFAAT
      Jika kamu dapat melakukannya tanpa mengorbankan waktu belajar, kembangkanlah minat di luar kelas ke banyak bidang lain. Pergilah ke konser musik, tontonlah pertandingan sepakbola, hadiri pameran pameran dan rapat dewan kota. Pelajari hobby-hobby baru, misalnya fotografi hewan sampai kerajinan keramik. Bergabunglah dalam kegiatan ekstrakurikuler, dan ikutilah dengan aktif kegiatannya. Hadiri acara-acara olahraga dan seni di sekolah. Bermacam-macam kegiatan akan membuatmu jadi seseorang yang lebih menarik, orang yang paripurna, dan dapat membantumu memutuskan kecocokan karirmu, apakah kamu lebih cocok bekerja dengan benda atau dengan orang lain, di bidang ilmu pengetahuan, mesin atau bidang seni.

BUATLAH RENCANA JANGKA PANJANG—PASTI ADA GUNANYA
      Rencanakan cita-cita dan karirmu dari awal. Perencanaan awal akan memungkinkanmu untuk memetakan persiapan kurikulum atau jurusan di perguruan tinggi, sejak kamu masih di sekolah menengah. Pada saat ini pun, kamu harus mulai memikirkan perguruan tinggi mana yang ingin kamu masuki. Mulailah mengumpulkan informasi persyaratan-persyaratan untuk memasuki perguruan tinggi tertentu. Jika tes bakat, minatmu, dan keadaan ekonomi keluargamu tidak memungkinkan kamu masuk perguruan tinggi, pertimbangkanlah untuk ikut program akademi atau program diploma.


BAGAIMANA KETERAMPILANMU SEBAGAI SISWA ?

      Lakukan tes ini untuk mengetahui apakah kamu seorang siswa yang baik. Dapatkah kamu memperbaiki belajarmu? Jawablah Ya atau Tidak pada pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
1. Apakah kamu selalu membawa buku catatan dan pena atau bolpoint ke kelas untuk kuliah ?
2. Apakah kamu memperhatikan pelajaran di kelas ?
3. Apakah kamu mengajukan pertanyaan, jika ada yang kurang jelas ?
4. Apa kamu menyerahkan tugas pada waktunya ?
5. Pernahkah kamu memeriksakan mata dan telingamu ?
6. Apakah kamu membagi-bagi waktumu ?
7. Apakah tempat kamu belajar di rumah cukup tenang dan terang ?
8. Apakah kamu mempunyai atau mudah meminjam ensiklopedi, kamus, atlas, atau tesaurus ?
9. Apakah kamu mengusahakan agar tugas-tugasmu rapih, dan mudah dibaca ?
10. Apakah kamu benar-benar memusatkan perhatian ketika kamu duduk dan membuka bukumu ?
11. Apakah kamu memikirkan arti apa yang kamu baca, selain mengingat-ingat fakta ?
12. Ketika membuat tulisan atau laporan, apakah kamu membuat kerangka tulisan terlebih dahulu ?





















Minggu, 10 Januari 2010

Gunawan Arief Menulis...........Dakwah Maksud Hidup

Sesungguhnya segala puji bagi Allah semata, kami memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan serta bertaubat kepada-Nya. Kami berlindung kepada-Nya dari kejelekan jiwa-jiwa kami dan dari keburukan amal perbuatan kami.
Barangsiapa diberi hidayah oleh Allah, niscaya tiada seorang pun yang dapat menyesatkannya.
Dan barangsiapa disesatkan-Nya, maka tiada seorang pun yang dapat memberinya petunjuk.

Saya bersaksi bahwa tiada ilaah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah semata tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam adalah hamba dan utusan-Nya. Shalawat dan salam semoga tercurah atas beliau, atas keluarga dan segenap sahabat beliau serta orang-orang yang mengikuti petunjuk beliau sampai hari Kemudian kelak. Amma ba'du

Saudaraku seiman yang saya cintai, tiada henti-hentinya kita kembali berMudzakarah (Mengulang-ulang) tentang pentingnya menjadikan da'wah sebagai maksud dan tujuan hidup kita.

Hari ini manusia lalai dari agama karena kurangnya kesadaran akan pentingnya da'wah dan membuat seolah-olah da'wah itu adalah sesuatu yang rumit dan abstrak, sehingga ada sebagian saudara kita yang bahkan mengklaim bahwa seseorang tidak boleh buat da'wah apabila tidak cukup ilmu.

Asbab pentingnya da'wah Allah swt melaknat orang yang tidak buat da'wah. Maka da'wah wajib bagi orang-orang yang berakal bukan hanya yang berilmu saja.
Allah swt menyatakan "Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam al-kitab, mereka itu dilaknati Allah dan dilaknati (pula) oleh semua (mahluk) yang dapat melaknati". (Q.S Al Baqarah 159).

Ketika Rasulullah SAW melakukan haji yang terakhir (haji wadha) di depan para sahabat dan ummat beliau, Rasulullah telah sabdakan
"Ya, saudara-saudaraku, tidak akan ada Nabi dan Rasul sesudahku dan tidak akan ada agama lain yang lahir. Karenanya simaklah baik-baik ya Saudaraku, dan pahamilah kata-kata yang kusampaiakn kepadamu bahwa AKU MENINGGALKAN 2 PUSAKA, AL'QURAN DAN contoh-contohku sebagai AS-SUNNAH, DAN BILA KALIAN MENGIKUTINYA TIDAK MUNGKIN AKAN TERSESAT.
SIAPA YANG MENDENGARKAN PERKATAANKU INI WAJIB MENYAMPAIKANNYA KEPADA YANG LAIN DAN SETERUSNYA, dan mungkin yang terakhir memahami kata-kataku ini bisa lebih baik dari yang langsung mendengarkan, Demi Allah aku bersaksi, bahwa aku telah menyampaikan ajaran-Mu kepada umat-MU YA ALLAH".

Sejak saat itu para sahabat dan yang hadir mengemban tugas untuk menyampaikan da`wah dan menyebarkan ini agama. Para sahabat yang kira-kira 124.000 orang berpencar keseluruh penjuru dunia, hanya 10.000 orang meninggal di Makkah, sedangkan yang lainnya meninggal di luar Makkah.

Hari ini sudah berapa banyak saudara kita yang naik haji tapi adakah yang pulang dengan membawa hakekat Iman? adakah yang pulang bawa fikir Rasulullah? adakah yang membawa fikir bagaimana manusia bisa taat perintah-perintah Allah?.
Hari ini saudara kita naik haji dengan fikir bagaimana bisa pulang haji bawa karpet, sejadah, sendok dll.

Sebagai manusia kita butuh da'wah, seseorang yang tidak buat da'wah maka kesehariannya tidak akan ada artinya, buat amalpun tidak akan ada kesan. Sebagaimana "Ilmu Iman" itu penting tapi tidak akan berguna jika tanpa "hakekat Iman".

Kerja da'wah memang kerja yang berat karena ini kerja untuk memancing turunnya Hidayah Allah dan bayarannya juga Kerajaan kekal lagi abadi di Surga Allah swt . Tapi semua akan menjadi mudah apabila kita sungguh-sungguh untuk buat ini kerja.

Rasulullah saw sabdakan "Dari Abu Sa’id AlKhudri Radhiyallahu Ta’ala ‘anhu berkata: Bersabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam: Barangsiapa diantara kamu melihat kemungkaran, maka cegahlah dengan tanganmu, jika kamu tidak mampu maka cegahlah dengan lisanmu dan jika kamu tidak mampu juga maka cegahlah dengan hati. Dan itulah selemah-lemahnya iman (Dikeluarkan oleh Imam Muslim Rahimahullahu)"

Hari ini kemugkaran terjadi dimana-mana bahkan sudah masuk ke rumah-rumah kita (TV, Koran, Radio) bahkan untuk sabunpun sudah bukan hal yang ganjil menurut sebahagian muslim apabila sampulnya wanita yang tidak menutup aurat.

Jika tidak bisa da'wah dengan berbicara maka rajin mendengarkan.
Da'wah ini sesuatu yang sangat mudah, sebagaimana sebuah perusahaan yang ingin penjualan produk mereka laris maka tim marketing perusahaan tersebut akan memasang iklan dimana-mana.
Sebagaimana kita ini adalah tim Marketing terbesar dimana produk yang kita jual adalah kenikmatan yang kekal lagi abadi yaitu suragNya Allah swt maka kita harus berusaha agar semua hal yang kita lakukan tiap harinya berupa pemasaran untuk memancing turunnya Hidayah Allah.

Dengan demikian maka keseharian kita.
Makan Minum untuk beribadah agar bisa berdiri shalat dan mengerjakan ibadah lainnya. Jika makan dengan cara adab sunnah Rasulullah SAW maka akan diberi pahala oleh Allah SWT.
Makan Minum untuk Khalifah adalah agar bisa berkhidmat kepada sesama.
Nabi SAW bersabda, “jika kalian mengangkat beban saudaramu ke punggung kudanya, maka akan dihitung sedekah, jika kalian mengisi ember saudaramu dengan air maka dihitung sedekah”.
Berpakaianpun untuk Ibadah yaitu menutup aurat karena malu kepada Allah juga untuk membuat suasana agama dimana hari ini manusia heran dengan wanita yang memakai jilbab yang besar tapi tenang-tenang saja melihat wanita yang mengenakan tank-top. bisa kita bayangkan bagaimana ummat Islam ini jika seluruh wanitanya berjilbab dan laki-lakinya berjenggot dan juga hisbal.

Apabila belum mampu juga maka mulailah dengan hal-hal yang kecil, seperti menulis status FB dengan hadits atau ayat Al.Quran, kalau belum mampu hisbal maka berpakaianlah seperti seorang muslim untuk memudahkan orang lain mengenal kita sebagai seorang muslim. Sehingga kita menjadi media Allah swt untuk menyampaikan dan membuat suasana agama di lingkungan kita.

"Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan yang bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka balsan pekerjaan mereka. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarahpun, niscaya dia akan melihat balasannya dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarahpun, niscaya dia akan melihat balasannya pula". (Q.S Al Adiyat)

Maka apabila dakwah menjadi maksud hidup kita, maka Allah SWT akan memberikan 4 perkara :
1. Yakin yang benar seperti yakinnya para Nabi.
2. Mizas (kecintaan) yang benar seperti para Nabi.
3. Maksud hidupnya seperti maksud hidup para Nabi.
4. Fikirnyapun sama seperti pikirnya Nabi.

Buat Ihwa dan Akhwatku seiman yg Insya Allah dicintai dan diRidhoi Allah SWT....untuk lebih banyaknya saudara2 qt yg menerima pesan da'wah ini mohon untuk mungundang teman2nya yang lain untuk dapat bergabung di Group "Iman dan Islam" ini..

Sabtu, 09 Januari 2010

Euis Lismayanti Merasa Kaget


Euis Lismayanti 

Merasa Kaget


Euis Lismayanti adalah wanita kelahiran 31 Januari 1985 asal kota mangga Majalengka.
Meskipun lahir di bilangan Pagarsih, Bandung, Euis mengaku bahwa Majalengka sudah menjadi bagian dari hidupnya yang tidak terpisahkan. Apalagi di Majalengka banyak anggota keluarganya dan saat ini masih sering berkomunikasi dengannya melalui SMS. Termasuk teman-temannya yang meminta kabar terbaru darinya. 



Pemilik akun euis_31love@yahoo.co.id ini mengaku kaget ketika teman-temannya mengabari dirinya ada di Tabloid Pendidikan ESKUL edisi 01/Januari/2010. "Saya dikira jadi model Eskul !" ujarnya.



Euis sempat menegur Eskul karena ia mengira dimuat sebagai model tapi setelah dijelaskan tentang hasil percakapan Eskul dengannya, ia tampak sangat mengerti dan selanjutnya Euis siap jika sewaktu-waktu bekerja sama dengan Eskul. "Asal jangan jual tampang saja !" Ujarnya wanita cantik yang kini  berada di Kalimantan Barat ini.***(ES)


Rabu, 06 Januari 2010

Puisi Momon Lentuk

NENG, DOSA ADALAH ANGGUR YANG RANUM


Momon Lentuk


Neng, perlu diakui bagi remaja bagaimu
Dosa adalah anggur yang ranum
Di tengah kebun luas tanpa
Batas, yang siap dipetik kapan saja
Tanpa harus pikir panjang, tanpa
Harus untung rugi dihitung ulang, tanpa
Harus mengingat saat atau menit

Adalah sebab soal itu anggur-anggur banyak dipetik remaja dan
Tidak pernah habis. Maka itu ruangan penampung kebajikan
Tetap kosong melompong laksana bedug yang kokoh
Nangtung sepanjang jaman

O, Neng, aku percaya selalu
Tak pernah engkau memetik
Anggur, terlebih kalau melati tunggalmu
Dipersilahkan dipetik pemetik
Yakin aku.

Cerpen : Perpustakaan Tak Perlu Tralis....Didik Sedyadi

 Perpustakaan Tak Perlu Tralis

Didik Sedyadi

 Beberapa waktu yang lalu di Kabupaten Nukami heboh masalah kriminal. Beberapa nasabah bank disatroni jambret. Laptop di dalam mobil memaksa rampok menghancurkan kaca mobil untuk mengambilnya. Pengantar uang dari POM bensin dirampok di pinggir jalan. Beberapa sekolah telah kebongkaran perangkat-perangkat komputernya. Beberapa tokoh masyarakat kehilangan mobil mewahnya. Tapi semua tak membuat Pak Tata khawatir,
Siang itu Pak Tata sebagai guru senior, sekaligus pengelola perpustakaan SMP Kaki Langit 171 Kabupaten Nukami sedang santai di kantin Mang Epul. Secara tidak sengaja lewat Pak Dwija, seorang guru yang lebih senior bahkan setahun lagi pensiun.
“Lho Pak Tata? Nyantai di kantin to?” Kata Pak Dwija seraya mendekat.
“Hahaa! Seperti yang Bapak lihat!”
“Sering sekali saya lihat Pak Tata di kantin, kapan mengajarnya Pak?”
“Lha bapak sendiri juga, kapan mengajarnya? Bukankah jam ini waktunya mengajar?”
“Jam ke 5-6 saya kosong. Nanti ke 7-8 baru ada lagi!”
“Wah sama dong! Bahkan kalau tidak salah jadwal kita satu minggu jam-nya sama semua, buktinya kalau saya lihat Pak Dwija ada di luar kelas, selalu ketemu. Ya kan?”
“Hahaaa… mungkin saja! Jangan-jangan kalau ke mall kita bisa bareng ya?”
“Ih malu dong pak…. Masa pakai pakaian dinas ke mall. Nanti kalau ditangkap petugas GDN bagaimana cara menutup muka kita?”
“Hahaaaa…. Lagian juga ke mall mau pakai uang siapa? Uang saja gak punya?!”
“Haha… cerdas! Kalau ke mall hanya untuk mejeng, nggak usah sajalaahhhh!”
Akhirnya dua orang guru itu ngobrol panjang lebar di kantin.
“Rencana sebagian rekan mengusulkan membuat tralis di perpustaan bagaimana? Soalnya banyak kejadian pembongkaran aset-aset negara sih!” Tanya Pak Dwija. Pak Tata sebagai koordinator perpustakaan menoleh, kemudian mengangkat alisnya.
“Buat apa?” tanyanya.
“Lho? Kok buat apa? Ya jaga-jaga kalau-kalau perpustakaan tanggungjawab Bapak dibobol maling!”
“Malingnya pasti orang bodoh!” Kata Pak Tata mantap.
“Berarti nggak mungkin guru? Atau bukan orang dalam maksudnya? Karena orang dalam sekolah sekolah kan orang pinter semua!”
“Bukan itu maksudnya, kalau sampai ada yang membongkar perpustakaan sudah dapat dipastikan dia itu orang yang belum berilmu. Ia ingin menimba ilmu yang banyak sekali dari buku-buku yang dicurinya, sampai ia yakin bahwa mencuri itu benar-benar tidak baik.”
“Huh ngaco! Pak Tata ini ada-ada saja!”
“Kalau pencuri itu sudah pandai, sudah memahami ilmu dari kelakuannya mencuri, maka ia akan kapok, sebab dari buku psikologi , ia tahu artikel tentang rasa malu anak istrinya, tahu rasa malu orang tuanya, tahu rasa malu keluarga istrinya atau keluarga mertuanya jika ia tetap mencuri daaaaan ketahuan! Ia akan terkucil, kehormatan karuhunnya hilang, kasihan dong kakek neneknya yang soleh.”
“Kakek nenek siapa?”
“Kakek nenek orang yang mencuri. Kan karuhunnya orang terhormat, terpandang, orang baek-baek! Lah ini cucunya mencuri dan sejenisnya yang tidak halal! Kan sama saja menghancurkan nama baik karuhunnya kan?”
“Wow! Jauh kali pikiran Pak Tata!”
“Haha! Ini bahasa sastra kok!”
“Iya maksud saya juga begitu, biasanya pencuri itu pikirannya pendek. Ketika berlaku curang, mencuri, korupsi dan sejenisnya yang dipikir itu dirinya sendiri. Tidak berpikir akan rasa malu anaknya, istrinya, keluarga istrinya, karuhun istrinya, karuhun dirinya …… “
“Laah Pak Dwija pinter …. pantas! Kan tadi saya juga ngomong begitu!”
“Lho tadi ini siapa yang jadi pencuri sih? Kok malah jadi lupa pelakunya!”
“Ya itu tadi, yang mau mencuri buku-buku di perpustakaan itu orang bodoh yang ingin pinter. Setelah pinter terus paham. Setelah paham terus sadar. Setelah sadar terus soleh. Naaaahhhhhh…… jadi….. apa pendapat Bapak?” Tanya Pak Tata kepada Pak Dwija.
“Pendapat saya : orang yang merasa bodoh pasti akan mudah mencuri , atau manipulasi. Atau kalau mau mencuri, korupsi, manipulasi berarti ia orang bodoh! Jadi, berilah ia buku sebanyak-banyaknya agar mau membaca. Jadi perpustakaan tak perlu tralis takut dicuri orang, biarkan buku menyebar ke masyakarat . Kita bangun motivasi senang membaca, motivasi butuh membaca, karena dari bukulah manusia memperoleh banyak hal! Kita tahu pendidikan di Indonesia sangat memprihatinkan. Banyak warganya yang miskin ilmu karena kurang dukungan dari pemerintah dalam menunjang pemberantasan kebodohan. Wajar, kita banyak diinjak-injak, dalam arti tidak dihargai negarara lain. Aset Negara banyak dimiliki negara asing hanya karena minimnya ilmu……” Kata pak Dwija berapi-api.
“Stop! Stoop.. sebentar Pak, eemmmm Pak Dwija ingat nggak, dulu di Kabupaten tetangga kita tahun 2008 pernah beredar buku dengan judul Membangun Masyarakat Membaca tulisan H. Karna Sobahi?”
“Oooo yang ditulis Kadisdik yang sekarang menjadi Wakil Bupati itu kan? “
“Betul itu! Bapak punya bukunya?” Tanya Pak Tata dengan bibir bergetar.
“Punya dong!”
“Ngomong-ngomong Bapak punya buku itu dari mana? Perasaan di sekolah kita hanya ada satu buku saja, dulu saya dikirimi teman saya dari kabupaten sebelah, terus saya simpan di perpustakaan…. Jangan…jangan…..”
“Aku mengambilnya tanpa permisi hahahaaaa!” Sergah Pak Dwija sambil menutup mukanya yang memerah.
“Hahaa! Perpustakaan tak perlu tralis Pak! ”
“Aku orang bodoh! Orang bodoh……… aku mengambil buku tanpa permisi!“
“Bapak sudah baca isinya?”
“Sudah…. “
“Bagus?”
“Bagus sekali!”
“Sekarang Bapak sudah sadar?”
“Sudah!”
“Kembalikan buku itu ya Pak ….. jangan disimpan kalau sudah selesai dibaca, biar orang lain turut membaca, biar orang lain dapat manfaatnya pula. Jangan bapak sendiri yang pinter. Pantas saja kalau rapat dewan guru bapak selalu lantang memberikan konsep-konsep pembangunan pendidikan …. rupanya dari sana ya? “
“Ya tidak seluruhnya sih….. besok bukunya saya kembalikan.”
“Bisa, bisa, perpustakaan tanpa tralis kok Pak, buku bisa keluar masuk untuk dicari penggemarnya, mencuri ilmu seperti ini dosanya kecil kok Pak! Bakal terhapus oleh manfaatnya yang besar hahaaa!” ***



Yani Shobariyah Nurbayani Menulis.......Perlunya Kendali Bagi Anak Usia Dini


Perlunya Kendali Bagi Anak Usia Dini
 
Oleh : Yani Shobariyah Nurbayani

Ternyata permasalahan bukan hanya milik orang dewasa tetapi anak-anak pun memiliki permasalahan yang cuykup rumit dan jlimet, kita selaku pendidik dituntut untuk mampu mengatasi dan menanganii permasalahan anak-anak usia 4-6 tahun, Taman Kanak-kanak merupakan tempat atau arena bermain bagi anak-anak usia dini, yang menganut prinsip pembelajaran bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain, dalam artian di dalam permainan pasti ada pembelajaran dan di setiap pembelajaran sudah tentu ada permainan. Dengan peserta didik yang hadir dari berbagai latar belakang keluarga sudah tentu permasalahan yang cukup kompleks dengan sifat anak yang berbeda-beda ada di dalamnya baik dari perilaku yang menyimpang maupun ketergantungan anak pada orangtua sehingga menimbulkan kemandirian anak tidak berkembang secara optimal.
Sesuai dengan perkembangannya, beberapa perilaku negatif anak muncul dan menimbulkan rasa khawatir pada diri orangtua yang mengakibatkan perasaan was-was dalam mendidik anaknya hingga akhirnya anak dikekang tidak diberi kebebasan untuk bergaul dengan teman sebanyanya, orangtua merasa cukup memberikan fasilitas yang dibutuhkan anak-anaknya, padahal sosialisasi dengan teman sebaya sangat dibutuhkan, bukan hanya fasilitas yang serba ada yang dapat memacu anak tumbuh dan berkembang secara optimal melainkan sosialisasi dengan teman-temannya pun sangat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.
Harunya orangtua membesarkan anak ibarat mengendalikan layangan. Semakin banyak kita bermain tarik ulur tali layangan, semakin banyak kita memperoleh keuntungan dari embusan angin. Tidak dapat dipungkiri bahwa kekhawatiran orangtua terhadap anaknya memang beralasan karena di jaman yang modern seperti sekarang ini banyak hal yang terjadi di luar daya nalar/jangkauan kita selaku orangtua dan pendidik.
Contoh kasus seorang anak yang pendiam, selalu nurut apa kata orangtuanya ternyata di sekolah dia menjadi anak yang pembangkang dan selalu mengganggu teman-temannya, tidak pernah mau mengerjakan tugas sekolah, dan itu betul-betul liar seperti kuda kaluar ti gedogan. Setelah diselidiki mengapa hal itu bisa terjadi ?
Ternyata kepatuhan anak hanya karena rasa takut mendapat hukuman/ancaman dari orangtuanya kalau tidak melaksanakan/nurut apa kata orangtuanya. Padahal dalam pendidikan di taman Kanak-kanak ada bidang pengembangan pembentukan perilaku yang diajarkan melalui pembiasaan sehari-hari. Hal ini juga bisa dilakukan oleh orangtua di rumah karena pembelajaran di taman kanak-kanak terbatas dengan waktu yang hanya 2,5 jam atau 150 menit/hari. Sementara anak berkumpul dengan orangtua lebih dari 12 jam/hari, andai orangtua menyadari betapa berharganya anak bagi masa depan penerus bangsa, jangan biarkan anak-anak kita merasa tertekanm dengan peraturan-peraturan yang kaku yang dibuat oleh orang dewasa yang hanya akan menyenangkan hati orang dewasa saja sementara anak terbelenggu dengan peraturan tersebut.
Seperti yang telah dikemukakan di atas, kita selaku orangtua hendaknya mengasuh anak kita bagai menerbangkan layang-layang, biarkan layang-layang itu terbang tinggi dengan kendali namun sebaiknya kita tidak mengambil lebih banyak daripada yang benar-benar kita miliki. Cobalah untuk memberi anak, yang terkecil sekalipun kebebasan dalam batas tertentu dan kendali atas hidupnya.
Hal itu penting untuk memperkenalkan pada anak mengenai rasa tanggungjawab dan kedewasaan, suatu yang kita ingin agar dimiliki oleh anak. Kemandirian akan membantu anak belajar tentang dunia nyata. Dan, kebijaksanaan pun tumbuh dari keputusan yang dibuat anak.
Psikolog Sylvia B. Rimm, Ph.D mengatakan bahwa orang dari berbagai tingkat usia yang membandingkan besarnya kendali atas hubungan yang ia miliki adalah setara dengan kendali yang dulu dia miliki-bukan yang menurutnya harus dia miliki. Ketika porsi kendali lebih banyak diberikan, orangpun merasa puas; sementara saat porsi kendali berkurang, orang merasa marah. Maka, anak yang dibesarkan orantua yang memberi porsi kendali dalam takaran yang pas, biasanya puas dengan porsi kendali yang ia miliki. bahkan merasa lebih dari cukup.
Ada empat tipe orangtua dalam mendidik anak ;
1. Tinggi kasih, tetapi rendah disiplin mengakibatkan anak-anak manja dan kurang ajar.
2. Rendah kasih, tetapi tinggi disiplin mengakibatkan anak-anak menjadi pemberontak
3. Rendah kasih, rendah disiplin berakibat anak-anak akan menjadi gampangan
4. Tinggi kasih, tinggi disiplin, akan menjadikan anak-anak yang unggul

Firman Allah SWT berfirman " Hai orang-orang yang beriman jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya terdiri dari manusia dan batu" (QS At-Tahrim)
Sementara Imam Ali As ketika menafsirkan ayat tersebut berkata "Didik dan ajarilah mereka". Pendidikan anak adalah sebaik-baik hadiah dan merupakan sesuatu yang paling indah, sekaligus hiasan bagi orangtua.
Mendidik anak adalah lebih baik dibanding dunia seisinya. Oleh sebab itu para orang tua dan pendidik harus bersungguh-sungguh dan ikhlas dalam mendidik dan menumbuhkan generasi penerusnya dengan cara yang ditempuh oleh Rasulullah SAW. (Naskah dikirimkan via Drs.H. Sanwasi,MM)


Syamsuwal Qomar Menulis..........Integrasi Bangsa dalam Internet

Masih ingat waktu Facebook di haramkan? Waktu itu situs ini lagi booming-boomingnya. Facebook menggeser Google.co.id menduduki peringkat pertama situs populer di Indonesia. Usernya kian hari kian membengkak. Wajar bila akhirnya menyita perhatian sampai kecurigaan. Apalagi anggapan Facebook sarana bergunjing ria, plus, diciptakan oleh seseorang berdarah ehm..ehm..Yahudi.

Hahaha..Belum nyampe setahun ya? Begitu kasus Chandra-Hamzah merebak. Facebook dimanfaatkan menggalang dukungan. Gerakan 1 juta Facebooker dukung KPK dan Chandra-Hamzah pun lahir. Tindakan yang sama dilakukan pada Prita Mulyasari.

Hayyya..Baru saja merasa kegunaan Facebook. Yang awalnya menghujat kini memuja. Bahkan menggunakan..xixixi..sampa
i-sampai ada komentar “kita pakai Facebook saja mewakili suara rakyat. Tidak perlu lagi DPR”. Bukan saya yang koment looo..xixixi..

Nah. Di balik fenomena bangsa dengan Facebook itu, saya merasa berbahagia. Karena sekian tahun, bangsa kita semakin dewasa menyikapi Internet. Yap, bangsa ini mulai hijrah dari learning IT ke Using IT yang implemented dalam kehidupan sehari-hari. Dimana internet sudah bukan lagi mainan baru. Tapi makin gencar digunakan untuk kemajuan bangsa.

Kasus Chandra-Hamzah sendiri menjadi pertanda, bagaimana Facebook dimanfaatkan memperkuat rasa kesatuan bangsa ini. Lewat Facebook kita memberi dukungan dan memprotes ketidakadilan. Semua itu, karena rasa kebangsaan dan kesatuan kita yang terusik. Padahal kalau dipikir-pikir, untuk apa mendukung? Mank dikasih duit ya?... Tapi karena mereka ialah bangsa kita juga, orang Indonesia, yang dipercaya bersih bin jujur yang sedang di dholimi.

Hikmah Internet sebagai pemersatu bangsa tentu bukan hanya di ranah facebook. Kawan-kawan blogger juga menikmati indahnya berbagi pengalaman/pengetahuan lewat tulisan. Bersilaturahmi dan saling memberi masukan mengikat kita lebih erat. Tidak ada batasan dalam berteman. Seluruh nusantara bisa menjadi sahabat.

Yap. Internet telah menyempitkan jarak sehingga orang Banjar seperti saya, bisa berteman dengan orang Sunda, Betawi, Batak, serta Padang. Kita sahabat. Kita satu bangsa Indonesia. Meskipun bukannya tanpa masalah. Dimana rasa kesatuan ini juga kadang digoda kesalahpahaman. Dan tentu saja, cukup usaha memperbaikinya kembali, kita bisa saling mengisi dan mempelajari budaya masing-masing dari kita. ?

Dan ialah pengakuan pula kalau internet ialah dunia maya tanpa batas. Dunia kreativitas. Dunia dimana penghuninya bisa bebas berekspresi tanpa dibatasi norma-norma yang mengikat. Aturan kesopanan tidaklah baku. Namun sebuah hukum tidak tertulis sedemikian kuat bagi penduduknya. Baik pengguna akun Facebook, Twitter, Blogger, atau Kaskuser..xixixi..maksa

Hukum tidak tertulis itu, layaknya hukum Pygmalion, "Bila berbuat baik, maka balasannya ialah kebaikan". Dalam agama Islam, balasannya bisa berlipat kali ganda kebaikan malah. Tapi bila berbuat jahat, balasannya bisa lebih buruk. Bahkan bisa mengundang bencana.

Konon kepercayaan ini dikenal dengan Law of Attraction. Kita menanam sesuatu. Kita juga beroleh hasilnya. Hal ini berlaku bahkan tanpa harus dipercaya. Dimana saja dan pasti terjadi. Nah, hal tersebut memberi saya kesimpulan, keyword dari kesatuan bangsa, di internet apalagi dunia nyata sangatlah simpel. Saling menghargai. Yap. Cukup saling menghargai saja.

Dimana bila hal ini diingkari, masih ingat kasus pelecehan lagu RI di internet? Masih ingat juga, bagaimana negara jiran itu digempur habis-habisan akibat ulahnya, yang diduga, banyak mengklaim hak bangsa Indonesia.

Weleh..weleh..begitulah saat bangsa ini merasa tidak dihargai. Merasa senasib sepenanggungan. Merasa dilecehkan. Dan akhirnya, saling menghargai dengan tidak menghargai mereka yang tidak menghargai bangsa ini. ***
 
*) Penulis/pengirim naskah tinggal dari Balikpapan Kalimantan


Selasa, 05 Januari 2010

Cerpen Melisha Roushell Huang : Pertemuan Itu

Pertemuan itu

Salvia yang rangking 10 besar, mendapat hadiah dari mama tercintanya, tiket nonton konser B4 di salah satu tempat di Jakarta. salvia sangat girang dan sangat senang. Besoknya salvia berangkat ke tempat konser itu, diantar teman mamanya pak sadili, ke hotel Borobudur Jakarta, tempat dimana salvia menginap. Salvia dapat kamar di 901 di hotel itu.salvia yang baru saja merasakan hotel berbintang sangat senang dan sedikit bertingkah kekanak-kanakan. Mama salvia di sana punya banyak teman sesama pengemar B4, mama salvia suka pada jerry dan salvia suka pada light fang. sorenya salvia berangkat ke konser itu naik taksi, karena takut macet.salvia yang dari sore sudah lama menunggu, mulai tidak sabar, walaupun sebenarnya dia asik melihat artis yang sama-sama nonton konser B4, nan ngemil jajanan di tasnya yang cukup besar, maklum salvia sangat hobi sekali makan, anak ini tomboy, cuek, dan sedikit manja dan sangat unik, hobinya gambar.sore menjelang malam, disana ada sedikit keributan antara fans yang menonton konser B4, “light fang datang!!!” seru yang hadir di sekitar situ, para abg lain sudah berlari dan minta berfoto bareng dengan mereka, pikir salvia “pastinya light fang ada di backstage ga mungkin klo light fang ada di sini kelas VIP, emang dia ga ikut nyanyi?”. “Ahh..paling manusia2 yang mirip-mirip aja emang sengaja diatur pihak penyelengara untuk mengalihkan perhatian..”salvia awalnya cuek, bahkan tidak peduli siapa mereka. Namun akhirnya salvia penasaran juga, perlahan dia coba pergi dari mamanya diam-diam. Setelah itu dia dan orang yang mirip idolanya light fang bertemu, salvia heran melihatnya dari atas kebawah. Padahal konser sudah mulai. Salvia lupa tempat duduknya dimana, singkatnya salvia nyasar karna rasa penasarannya sendiri.akhirnya salvia bertemu mamanya, ternyata jarak salvia duduk tidak jauh dari kembaran light fang itu. Salvia yang polos mencoba curi-curi pandang dan memperhatikan gerak gerik orang tadi,sambil menonon konser B4. Begitu sampai konser akhirnya selesai dan salvia pulang ke hotel.di hotel setelah salvia pulang orang-orang juga masih banyak berkumpul menantikan rombongan B4, ternyata yang muncul adalah kembaranya lagi dan lagi, salvia tentu saja jengkel.di balik jengkelnya tetap saja salvia penasaran dengan seseorang yang mirip dengan light fang.
Keesokan harinya waktu breakfast di bogor café, salvia bertemu lagi dengan rombongan itu, disana ramai sekali, salvia yang setengah mati pede, langsung mendekati rombongan itu, hanya sekedar mengobrol dan say hi mungkin juga berkenalan, disitu pun ada yang mirip light fang, dia tidak banyak bicara, hanya diam.salvia menyebutkan namanya, tapi orang itu hanya menganguk tanpa sepatah katapun. Salvia mencoba meminta berfoto bersama, ia hanya menyangupi, dan mereka berfoto, dengan light fang palsu dan kawan –kawannya juga. Setelah salvia puas salvia pergi.
Salvia yang sudah kelaparan, mulai mencicipi satu persatu makanan di café itu, berhubung makannan itu buffet, salvia sangat puas, salvia ingin menyudahi makanan dengan mengambil susu dingin di dispenser sudut café itu. Saat salvia menagbil susu, di samping salvia ada orang itu, orang yang mirip light fang, dia masih diam seribu bahasa. Mata salvia dan orang itu beradu, salvia seperti terbius sesuatu, diam……???…….seolah olah salvia ingin menatap matanya lebih lama, hingga tanpa disadari susu yang salvia tuang itu tumpah, kontan saja orang itu tersenyum, salvia makin aneh, dan salah tingkah, balas tersenyum, salvia baru sadar kalau susu yang diambil tumpah.dan orang itu hanya tertawa kecil, “hei kamu susunya tumpah tu, emang kamu liat apa?”muka salvia berubah seperti udang rebus, menahan malu, dan langsung pergi.

Salvia masih ingat benar orang itu terlihat sangat tampan, memakai kemeja putih, lengan ¾ di gulung sesiku, celana jeans biru, sepatu putih, dan gayanya yang sangat mirip dengan idola salvia light fang, yang membedakanya adalah warna mata orang itu coklat ke-emasan.

Siang harinya salvia bertemu orang itu di kolam renang hotel itu, salvia masih saja sibuk curi-curi pandang. Salvia yang pelupa, dia lupa berkenalan langsung dengan orang itu. Sampai akhirnya salvia pulang kerumah bersama mamanya, dan menjalani kehidpan normal, mungkin hari itu adalah hari yang tidak akan pernah salvia lupakan.hari pertama salvia merasakan jatuh cinta seumur hidupnya.
***

“aku mencintai kamu sudah keputusan final sejak aku menatap mata mu yg coklat ke-emasan itu, sejak pertama ku melihat mu, saat itu aku hanya bocah ABG yg tak mengerti apapun, termasuk cinta..??, bisa mengenalmu saja, sudah ku angap anugerah Tuhan yang terindah…serasa penantian ku, tak percuma…aku tak tahu siapa yg ada di hati kamu saat ini, kau pun masih menjadi teka-teki bsr bwt ku…”
itulah yg ada di otak salvia, dia sgt syg pada seorang, dia tak mngenal org itu siapa, yg dia ingat hanya mata coklat keemasan yg teduh dan sayu, yg mampu mngusik hati dan pikirannya, salvia pada saat bertemu pangerannya usianya masih sgt muda 14 tahun.

saat indah itu, 14 thn ku**
salvia pun blm berknalan dgn org itu, hingga suatu saat salvia, menemukan sebuah majalah di toko buku yg biasa ia kunjungi, dia melihat sebuah foto yg sgt mirip dgn org yg ia temui di konser idolanya,kemarin. diam2 dia beli majalah itu. dan dia lihat namanya. ” michael james andrean”
salvia mulai tahu siapa sbnrnya pangeran yg mengusiknya itu, andre…begitu ia bisa di sebut.
salvia tahu andre adalah seorang model, cover boy dan idola para gadis, salvia senang sekali mengumpulkan artikel tentang andre, dia kliping 1 persatu di simpannya rapat2 di buku harian dan majalah2 itu di letakan di tempat khusus. dan 1 gambar ia scan dan di print di taruh di dompet kecilnya dia bawa kemanapun dia pergi.
***
pelajaran internet di sekolah
salvia masih anak gaptek yg tak tahu teknologi saat itu, mencoba membuka sebuah situs google.com
dan iseng2 mengetik nama” michael james andrean” dan pencarian di temukan banyak artikel ttg andre di sana….betapa girangnya salvia, ia pun bertekad untuk meguasai internet pad suatusaatnya nanti. salvia copy-paste semua nya di disket semua data ttg andre.
***
salvia ya salvia betapa bnyknya cowok yg hilir mudik di dpn dia tetap saja keukeh menunggu pujaan hatinya, andre. padahal dia tak pernah mengenal andre, hanya saja salvia pernah berfoto dgn andre karna kebetulan andre sangat mirip dengan boyband idolanya B4, light fang. sempat bekenalan dgn teman andre, namun dia tidak telalu ingat. dan fotonya bersama andre hilang karna hape kameranya jatuh, saat ia hendak naik bus kota.
teman2nya selalu punya pacar, salvia selalu tidak, da bersikeras tetap menunggu andre seorang, temannya pun tahu, mereka cuma bilang lupakan andre!, dan akhirnya mereka mencarikan teman cowok bwt salvia. salvia dipaksa punya pacar dgn modus kalah taruhan, salvia terpaksa dan akhirnya meng-iakan.salvia tidak bahagia bersama ade, dia hnya tongsampah salvia untuk bercerita ttg andre seorang, ade mungkin mulai jengah dgn tingkah salvia, dan mengangap salvia gila, penghayal ulung. andre memaksa membuktikan cnta salvia kepada dirinya di hadapan tmn2 salvia, salvia marah!!…dan langsung pergi. dan salvia akhiri semuanya.
***
salvia selalu memandangi ft andre di meja belajarnya, sambil berceloteh tak jelas di dpn foto itu.
berharap andre jadi nyata lagi, salvia selalu menyalakan komputernya dan belajar internet.suatu ketika salvia membeli majalah di situ ada biodata andre, ternyata andre ada di slh satu universitas di jakarta. salvia punya tekad suatu saat akan mengambil kuliah disana. entah apa yg ia pikirkan saat itu.
***
salvia selalu saja di dpn tv menunggu andre muncul di salah satu acara,dan andre pun ada di acara cari pacar,salvia menatap tv itu,dan pembantunya yang sok tahu menganti siaran tv itu, salvia ulai bawel dan ngomel, dan acara itu selesai, salvia tentu pnasaran siapa yg jd pasangan andre di acara itu. dan saat itu memang andre sering muncul di siaran televisi remaja.


***
salvia sedang asik mendengarkan sebuah radio di handphone-nya,dia dgr sayup-sayup karna ganguan, ada meet in greet idola salvia “light fang akan ke jakarta mempromosikan film terbarunya RACE , saksikan di hotel x”. kontan salvia senang setengah mati, itu berarti salvia akan bertemu andre dlm waktu dekat. salvia mulai menabung untuk beli kaset cd “RACE”. uang terkumpul, salvia bisa pergi ke tempat itu.
***
hari-H
salvia sudah menyiapkan semua properti dari awal, semua baju dll. salvia berangkat ke acara itu.
acara di mulai light fang muncul xu xi dan pemain lain hadir satu persatu.tapi sebenarnya salvia bukan menunggu light, hnya menunggu andre. andre datang terlambat, memakai pita coklat di tanggan kirinya. salvia memperhatikan dengan seksama, pitanya sama dgn yg ia gunakan, salvia tersenyum-senyum sendiri. ternyata pita itu adalah undian untuk berfoto bareng idola. yg pemenang adalah pita warna hijau muda, mama salvia menang dan maju berfoto. sedangkan salvia hanya sibuk malu2 menatap andre tanpa berani menghampirinya untuk kenalan. meski tidak sesuai rencana, salvia belum berhasil berkenalan langsung dgn andre.salvia masih curi-curi pandang ke andre dia mendapati andre bersama seorang gadis cantik, kontan salvia sedih, dan menahan air mata sampai di mobil diam2 ia menangis tanpa ketawan mamanya. salvia cemburu dgn gadis itu.meski begitu salvia yakin dia bukan siapa-siapa andre.
***
2 thn setelah acara itu, salvia, diajak mamanya pergi ke acara ulang tahun fans club idola mamanya jerry, dia ketemu dgn komar, anak yg kemarin sejajar berfoto dgn mama salvia di acara 2 thn yg lalu itu.komar bernyanyi mandarin seperti jerry.mama hanya diam memperhatikan. salvia tahu sebenarnya siapa si komar, salvia juga sedikit naksir komar, dia mulai minta no. hape komar, tapi tidak secara langsung, salvia minta no itu melalui tantenya sesama fans jerry.
dari situ salvia dan komar sering bertelpon ria sampai tagihan salvia jebol, salvia selalu kena marah mamanya karna itu. hingga akhirnya salvia minta alamat email komar dan akhirnya komar mau dan memberinya alamat itu.
***
salvia membuka fs, dia masih baru saat itu.salvia awalnya tidak tahu fs itu untuk apa. dan salvia dalam katagori asal tahu asal klik jadi, dia memasukan alamat email yg di berikan komar ke dia, dan ketemu lah fs komar, salvia kontan senang sekali. mereka pun lanjut berkomunikasi melalui fs, salvia dan komar, salvia selalu kreatif mengirim gambar2 karya dia ke komar sebagai kartu ucapan untuk komar.komar bilang” kamu cocok di bidang yg sama dengan ku, grafis mau coba?”….salvia berfikir, dan meng iakan saran komar, kebetulan komar 1 universitas dgn andre, mereka beda jurusan.
salvia usil mulai bertanya ttg andre, ternyata andre sudah lulus dan pergi entah kemana, sudah tidak eksis lagi di dunia artis. itu berarti salvia kehilangan jejak andre. salvia sedih, tapi tidak terlalu cukup komar yg selalu menghiburnya.
***
mereka suka berchating ria, dibanding tlp/ sms. sekarang salvia sudah maju ttg teknologi, dia pun sudah punya account facebook.salvia pun sudah masuk di universitas yg sama dgn andre, meski andre tak ada.
komar sebenarnya sangat penasaran siapa salvia, aslinya mereka belum pernah ketemu,salvia sudah tau komar, tapi komar yang belum pernah tahu salvia. komar mengadakan gatheing/ temu kangen anak fs di sebuah mall, salvia dan komar akhirnya bertemu mereka seperti org yg sudah lama tidak bertemu, sangat lancar dan akrab, diakhiri dgn berfoto bareng.dan dari situ salvia punya tmn baru, yan2…anak jaim, jago bhs mandarin, rada unik dan memendam cinta ke komar.
***
salvia makin sering berinternet ria, upload ft2 di fb dan fs, hasil cropingan dan montase dia…dan ft2 dia sama komar dan tmn barunya yan2.suatu saat yg tak di duga, salvia msh pgin tahu ttg andre, salvia tanpa sengaja menemukan account fs andre, di tmnnya komar. ada alamat emailnya: salvia catat dan add andre di YM. berminggu2 salvia tunggu approved dri andre. dan di hari yg membahagikan setelah menunggu sekian tahun, andre menyapa…melalui ym…dan mereka pun akrab dari situ.mereka saling bertukar no hp.sering sms/ tlp2 hanya sekedar say hi…
***
di waktu yg bersamaan salvia, berkenalan dgn dua kakak yg cantik, mereka kembar. mrk penasaran apa salvia knal dgn andre?..salvia ingat2, ternyata dua kakak itu adalah tmn andre satu meja di saat makan pagi di hotel x, mereka sempat berkenalan, dan mengobrol.tapi salvia langsung pergi ikut mamanya, pulang.terakhir yang ia ingat hanya itu, ingatan yg sngt kuat hanya, andre, andre dan andre. salvia kenal dua kakak itu di facebooknya.
***
salvia sering sekali chat dgn andre, terkadang membantu andre dlm hal pekerjaaannya, semampu salvia, dia membantu andre.andre mengajak web cam. salvia senang sekali, mrk web cam, tlp2nan by internet. selalu begitu.pikir salvia org yg selama ini hnya ada dlm bingkai ft ku ada di hadapan ku meski dia maya, alhamdhulillah.
***
salah satu dri kakak itu mengajak salvia menonton konser band, salvia senang sekali dgr undangan itu, tanpa babibu, dia langsung otw ke TKP…alasan sama mamanya mau beli alat gambar.dari situ salvia mulai akrab dgn kakak itu.kakak itu suka sekali dgn gambar anime, sama dgn salvia juga, mungkin dgn hal yg sama ini salvia jd cukup dkt dengan kakak cntik itu.
***
andre mulai sibuk dgn bisnisnya, setiap salvia menyapa jarang sekali di balas. salvia pikir ada apa dgn andre?…apa dia berubah?, tapi salvia tetap berpikir positif ttg andre.


salvia berkenalan dgn seorang yg mengaku tmn andre, yg satu daerah dgn andre pula dari facebooknya, dia selalu update berita ttg andre tanpa salvia minta. sebut saja nama dia travis.
***
salvia sedang asik membaca majalah harian di teras rumahnya, ada iklan ttg suatu lomba desain busana yg mengangkat tentang tenun indonesia. salvia pikir ini kesempatan yg sangat bagus, salvia mulai berencana kain apakah yg akan ia gunakan saat lomba nanti. salvia dgn polosnya, meminta dukungan dari bu indah, dosen seni mode di fakultasnya. padahal salvia blm pas masuk semester itu, bu indah bangga dgn salvia, semuda dia sudah berani mengutarakan keinginnannya untuk mengikuti lomba sebesar itu. yg dicari salvia saat lomba adalah undangan seminar desain kalaupun salvia bisa menang itu berati salvia bisa mewujudkan impiannya kuliah seni mode di paris prancis.
***
salvia berpikir tanpa di sengaja, kain nasional itu….dia tentukan kain ulos, kain asal batak, yg salvia pikir belum ada desainer yg serius mengangkat kain itu.dari hari kehari di waktu liburannya salvia mulai mencari info ttg kain itu, melalui internet. dan salvia mencoba bertanya pada tmnnya travis, karna dia asal batak. travis pun mau memberi info2 penting tentang budaya batak dan tentunya kain ulos.salvia seperti biasa walaupun libur salvia bernangkat ke kampusnya hanya untuk konsultasi dgn bu indah, salvia sudah mengisi biodata dan menulis karangan tentang cita-citanya menjadi desainer seni mode, sebagai prasarat lomba. bu indah menyarankan agar salvia langsung pergi ke lokasi dimana ulos itu berada.
***
seminggu kemudiaan salvia berangkat ke medan, tepatnya di pulau samosir, salvia menginap di sebuah hotel yg di sarankan oleh travis. lengkap dgn peralatan gambar dan laptop kesayangan salvia,dia rajin mencari data setiap harinya sendirian. sudah 3 hari salvia disana.tanpa di duga saat salvia jalan di koridor lorong hotel itu, salvia menabrak seseorang laki-laki, dia belum melihat orang itu siapa. setelah melihat betapa kagetnya dia, laki laki itu ternyata adalah andre. kertas gambar dan catatan salvia jatuh berserakan, andre membantu salvia membereskannya, tanpa ada rasa kesal, mereka langsung memulai pembicaraan, sebentar saja mereka sudah akrab. andre belum menyadari dia adala salvia teman chatingnya selama ini,salvia,mereka pun berkenalan.
***
Dari pertemuan itu andre, dan salvia akrab, malah andre rajin memberi info-info penting tentang budaya setempat. salvia bertanya pada andre siapa andre koq bisa dia ada di hotel ini?, andre mengaku bahwa ia adalah pemilik hotel semosir, tempat salvia tinggal selama di pulau samosir.andre baik sekali, setiap harinya andre rela mengantar salvia pergi berkeliling pulau hanya untuk melihat acara-acara adat setempat atau menemaninya masuk hutan hanya untuk bertemu suku asli,salvia senang sekali dia sangat lancar dlm urusan mencari data, salvia bertanya pada andre apa andre tidak mengurus pekerjaannya yang lain, andre dengan enteng menjawab aku disini tenang sajalah, ada travis tanggan kanan ku aku percaya dia bisa mengantikan ku sementara, baru kali ini aku bertemu perempuan muda yg rajin kayak kamu, emang ini semua untuk apa?. salvia menjawab ini di peruntukan dalam mengikuti lomba desain mode.dari situ salvia tahu bahwa travis adalah asisten pribadi andre.
***
Seminggu pun berlalu andre dan salvia selalu bersama dari waktu ke waktu, tapi salvia rupanya sudah tidak telalu terobsesi dengan andre, dia di sibukkan dengan lomba itu. andre merasa ada yg aneh dari dirinya tanpa di duga ia mulai mencintai gadis yang baru ia kenal itu, savia, dia pun sudah tahu bahwa salvia adalah teman chatingnya selama ini, tetapi dia belum menyadari bahwa salvia adalah abg yg dulu pernah berfoto dengannya, saat dia menjadi artis.
***
Hari kepulangan salvia.
salvia sedang berkemas-kemas. andre sedang asik di kantornya, seperti biasa andre kerja sebagai kontraktor, selain pemilik hotel dan minimart. travis tahu salvia akan pulang hari ini, travis berusaha memberi kabar kepada andre bahwa salvia akan pulang hari ini. andre awalnya hanya cuek, apa yg di katakan travis, tapi setelah andre tahu dari travis salvia dapat surat masuk finalis 10 besar dalam lomba desain busana nasional itu. andre bergegas pergi menyusul salvia ke bandara.
andre telat, salvia telah boarding dan sudah pergi meningalkan kota medan menuju jakarta. sebenarnya hari itu andre ingin memberitahu apa yang ada di hatinya pada salvia. andre belum bisa menyusul salvia, karna tangung jawabnya mengerjakan proyek besar di kotanya.travis hanya menyarankan untuk andre agar bersabar, setelah proyek ini selesai, dia bisa ke jakarta menyusul salvia.
***
Salvia masuk final, di malam final, ia sangat lancar presentasi karya-karyanya, dlm hati ia sgt berterima kasih pada andre. di tempat lain andre dan travis sedang bersama menonton tv, ganti-ganti chanel tak jelas, tanpa di sengaja menemukan sebuah acara lomba desain yag salvia ikuti. dalam siaran itu sudah puncak acara, dinyatakan oleh dewan juri, juaranya adalah salvia, salvia berhak pergi keprancis melanjutkan studi nya disana. spontan andre kaget bercampur senang perjuangan salvia, cerita salvia tentang cita-cita, dan semnagatnya dapat terwujud. tapi disisi lain itu berarti andre akan sulit menemukan salvia.andre keesokan harinya mencari tiket untuk ke jakarta, dgn maksud memberi ucapan atas kesuksesan salvia.
***
dengan maksud memberikan kejutan pada salvia, andre tidak memberikan kabar kedatangannya.
di tempat yang sama bandara soekarno hatta, salvia berpamitan pada teman-teman, mama-papa dan keluarganya adan tentu ka mandy dan maudy, kakak kembar yang selalu support salvia, rani-dan runa, teman komar dan komar sendiri pun ikut mengantar. saatnya salvia boarding, pengumuman sudah seperti memangil salvia berkali, kali, dgn bangga dan bera hati salvia pun melangkah ke pesawat.dalam pikirannya dia sebenarnya memikirkan andre, dimana andre taidak ada kabar.dia hanya ingin mengucapkan terimakasih dan slm terakhir untuk andre.
***
Andre menelpon ka mandy, karna andre tau mandy dekat dengan salvia, mandy bilang baru saja salvia on the way ke prancis. andre kecewa.niat dia sebenarnya hari ini adalah mengutarakan perasaannya pada salvia dia pun sudah menyiapkan cincin meteor untuk salvia. andre di sana hanya menemukan saqi adik salvia, dia adalah aktris terkenal dan juga model. dia bertanya pada saqi, tapi saqi engan memberi jawaban pasti kepada andre.
***
Berhari- hari andre di jakarta mencari tahu info tentang salvia, tapi hasilnya nihil, saqi juga rupanya sibuk dan masih ragu siapa sbnrnya andre?.andre mulai capek sendiri, dia pulang kembali ke samosir.mama salvia juga selalu tidak ada dirumah.
***
Satu tahun berlalu andre masih berusaha mencari keberadaan salvia, salvia jarang sekali ol, buka facebook pun tidak. andre berfikir salvia sedang sibuk tidak bisa di gangu.banyak pesan offline di ym salvia dari andre,dan di wall facebook salvia juga pnuh pesan dari andre. andre kelabakan bingung mencari salvia, travis pun bingung melihat bossnya yg seperti itu.pekerjaaan andre sedikit tergangu, karna pikiran adre terbagi dua antara salvia dan kerjaannya.tanya sasqi, sasqi hanya menjawab sekenanya,tanya k mandy, k mandy tak tahu, komar juga, salvia hilang.andre mulai berfikir mungkin salvia sudah lupa dengan dia,melupakannya dan kenangan melitat meteor di padang rumput samosir dan lukisan potret diri andre yg salvia lukis khusus untuk andre,di bawahnya ada tulisan, ” malaikat cantik akan selalu menemani mu, saat kamu memandang meteor dan memandang lukisan ku ini, smg kita selalu menjadi sahabat baik, andre, aku akan mengejar meteor itu, slm syg sahabat mu salvia, terimakasih untuk semua keindahan ini, jaga dirimu wahai kawan.”andre sebenarnya sedih, salvia tak ada kabar, andre berusaha melupakan salvia, andre mulai kebisaan buruknya pulang pagi, nongkrong bareng temannya,dugem, dan minum-minum.travis tahu bahwa bossnya sedang sedih dan bingung mencari salvia, travis bantu cari salvia, tanya di kedubes prancis, dan segala cara dilakukan travis agar bosnya tidak sedih dan semua berjalan normal.
***
saat yang sangat kebetulan, travis selalu buka account fbnya, salvia online saat itu, langsung saja travis telp andre, tapi andre sulit sekali di hubungi. travis sempat berchating dgn salvia, tapi travis lupa tanya keberadaan salvia.
***
Sementara andre masih berusaha mencari keterangan dari saqi,melalui ym, saqi tentu saja masih bersikap dingin pada andre mengingat dulu saat andre baru membuat accaunt facebook, salvia selalu saja tidak di gubris oleh andre, padahal salvia yang mengajari andre untuk membuat fb, andre keasikkan dgn teman-teman lamanya, saqi tahu itu, salvia sebenarnya kecewa dgn sikap andre.dan andre sering sekali bersikap cuek terhadap salvia, padahal salvia niatnya baik selalu ingin membantu andre. Maksud saqi agar andre tidak mengangu kakaknya studi di prancis.begitu pun saat salvia telpon saqi,saqi bilang andre sudah tidak tahu kemana. Salvia sebenarnya sedih, tapi mau apa lagi dia harus tetap professional terhadap studinya.
***
Salvia di prancis selalu termasuk mahasiswi sukses, dia sering di minta hadir dalam acara- acara penting di kampus barunya ESMOD.dan dia juga sering diminta menjelaskan tentang kekayaan kain nasional negerinya Indonesia, salvia terkenal cerdas dan pandai bergaul, ada salah satu mahasiswa prancis, asal Sourborn university yang suka padanya, Mattel Robbinson,biasa di pangil Rob, wajahnya tampan mirip akris rob pattinson. rob selalu setia menemani salvia, dia sahabat salvia yang memendam rasa pada salvia, tapi tetaplah secakep apaun rob salvia hanya menanti andre,walau rob sudah melamar salvia. salvia belakangan ini mulai sering ol fb karena mamanya protes salvia selalu sibuk, jarang menyapa keluarga, salvia dan rob berfoto, foto itu di jadikan foto profile oleh salvia. Salvia melihat wall- fbnya penuh sekali pesan dari andre, “kamu dimana?, ingatkah kamu dengan aku?…salvia tolong beri kabar pada ku, pliss…aku kangen kamu, hehehe….” Dan berbagai pesan lainya di wall dan inbox salvia. Salvia girang campur sedih, karna rob sekarang adalah pacar salvia lebih tepatnya tunanggannya.
***
Dia girang karna ada satu pesan, di inbox, bertuliskan…”sahabatku aku lama sekali mencarimu, sudah lama aku memendam ini, aku cinta kamu peri ku”.
Rasaya senang, tapi sekaligus sedih karna salvia dan rob sudah bertunangan sebentar lagi salvia akan menikah dengan rob yang baik hati dan pengertian itu. Walau salvia setengah hati menerima rob, kebetulan rob adalah muslim, balsteran turki-prancis dia juga bukan anak orang sembarangan, anak dubes turki untuk prancis.
Salvia kemudian hanya meningalkan pesan di inbox andre tanpa menjawab pesan-pesan andre. Langsung menuliskan alamat nya di prancis.


Andre bukan tipe orang yang mudah menyerah terhadap keadaan, dia tahu status salvia telah bertunangan dengan seseorang di facebooknya dan juga foto-foto salvia dgn rob. Andre sering sekali mengecek home fb salvia, karna dia sangat rindu, travis sudah cerita tentang chatnya dengan salvia,andre semangat sekali mendengarnya. Bersamaan dengan itu, black berry andre berbunyi
“U r Got mail”…ternyata itu pesan dari salvia.
Halo ndre apa kabar kamu, maaf sudah setahun aku, ga kasih kabar, gimana kabar kamu, aku sudah baca pesan mu, lebih baik kamu kemari aku jelaskan langsung, mungkin kamu tahu tentang status ku sekarang dre, tapi jujur aku hanya tidak ingin membuat rob kecewa karna dia yg selalu ada disini, alamat ku aku pasting di inox fb mu, terimakasih.”
Andre lega akhirnya kabar dari salvia ada, dan dia buka alamat itu, dia catat di black berry kesayangannya.besoknya andre dan travis mengurus keberangkatan andre menyusul salvia di prancis. Andre ingin melamar salvia, andre langsung memberitahu teman-temannya di Jakarta dan temanya memberi semanagat, smg andre sukses.




Andre memberitahu niatnya ke saqi, saqi bilang” percuma loe k mau ngelamar kakak gue, emang dia masih pikirin elo? n lu belom bilang lagi sama mama n papa apa mereka setuju? Nyokap bokap lu n keluarga lu tau ga? n satu lagi loe sama kk gw beda jek, dai sama rob tu dah happy ending deh ga udah macem2, lu harus paham itu ka ndre, dah ah gw mau lanjut syuting, bye.”saqi tanpa berdosa lanjut ke kegiatan nya syuting dan syuting. Meski andre setia menunggu saqi syuting atau mengikuti sampe rumah. hanya untuk sekedar tahu, informasi tentang keluarga salvia, tapi akhirnya saqi jera juga liat andre , mengigil kedingginan dan akhirnya sakit, karna hujan di luar andre menunggu saqi keluar rumahnya sampai pagi, saqi keluar rumah dengan setengah hati. Mama saqi tahu ada seseorang pingsan di teras, dan itu andre, mama langsung memarahi saqi karna diangap dia keterlaluan. Andre di perbolehkan masuk dan di rawat sebisa mungkin sama mamanya salvia, ditanya apa keperluan kamu kemari, “ saya hanya ingin mengenal keluarga salvia, saya teman dekatnya dari jauh, perkenalkan saya Michael james andrean, saya andre bu, dulu saya yang membantu salvia di samosir” mama salvia hanya menganguk.mama dan andre cepat akrab, saqi masih cuek, dan akhirnya andre mengutarakan keinginan sebenarnya,ingin menyusul salvia ke prancis dan melamarnya. Mama hanya menjawab” loh bukannya salvia sudah punya pacar di prancis?, tapi terserah kamulah nak, tante ini cuma mamanya, jd semua keputusan ada di tangan salvia, nanti klo kamu sembuh kamu boleh pulang”.andre tidak menyerah, semua telah siap travis sudah member kabar keluarga james (keluarga andre) di samosir, keluarga andre tidak tahu calon besannya beragama lain hanya meng iakan saja.


Jam 12.00pm andre berangkat ke soekarno hatta di antar oleh travis dan komar.andre sudah boarding dan akan segera berangkat. Komar hanya berpesan jangan menyerah, dan jaga diri disana sedang musim dingin.



Setibanya di sana, andre langsung menuju alamat, apartemen salvia disana.andre seperti biasa tidak memberi kabar kedatangannya di prancis.

“Kring..kring”..bel berbunyi di kamar apartemen salvia yg bernomor 911.salvia segera berlari kearah pintu, dan brakk pintu di buka,” a…andre kamu kemari sunguhan?…apa kabar ndre, ayo masuk…”. andre deg2kan benar ini salvianya yang dulu, salvia banyak berubah, dia sangat cantik, rambutnya tergerai panjang, bergelombang, kulitnya coklat tanning dan dia terlihat lebih langsing dan cantik memakai gaun tidur putih.dibanding dulu saat pertama bertemu, salvia bertubuh agak gemuk dan lebih tomboy dan cuek. prancis telah mengubahnya.
Andre dan salvia berbincang-bincang hingga hampir pagi, hari itu andre menginap di apartermen salvia, di kamar tamu. Salvia sangat senang andre datang, hingga ia lupa dengan rob, rob sedang pulang kenegaranya turki ada kerjaan mendadak, sementara salvia asik bertemu kawan lama, andre.


Esokya adalah long weekend, salvia dan andre berencana pergi ke menara Eiffel , salvia ingin mengajak andre jalan-jalan melihat romantis dan indahnya kota paris. Mereka seperti teringat kenangan lama di samosir, bercanda bergurau,berpandangan seperti dua orang yang sedang jatuh cinta begitu bahagia.andre hendak melamar salvia di taman kota pas dengan di depan menara Eiffel, saat andre mulai mengeluarkan cincin meteor yang sangat canik itu, di saat bercerita tentang kenangan mereka dulu di samosir, andre tersedak dan batuk parah, perutnya mendadak sakit sekali, andre muntah darah, salvia sangat panik, andre segera di bawa kerumah sakit, karna sempat tidak sadarkan diri beberapa waktu. Hasil medical checkup andre keluar, salvia mulai membuka hasil lap itu, betapa kagetnya dia bahwa andre ternyata di vonis kangker lambung sudah memasuki stadium II, spontan salvia menangis, serasa tak tega mengatakan hal yang sebenarnya kepada andre.dokter sempat bilang kangker ini di sebab kan oleh pola hidup yang tidak sehat, makan tidak teratur, banyak pikiran dan terlalu sering mengkonsumsi minuman keras.


Di ruang perawatan, andre sudah sadar dan tersenyum pada salvia, dan terus memegang tangan salvia, seolah andre tidak mau salvia tinggalkan. Andre juga mulai curiga kenapa salvia menangis sedih menatap dirinya, salvia blm kuat untuk mengatakan yang sebenarnya kepada andre. “ sal apa yang terjadi dengan ku, mengapa kau menangis aku merepotkan mu ya?, apa kamu menerima ku sal sebagai orang yang akan selalu ada di sisi kamu?….tanya andre kepada salvia. Tanpa menjawab salvia hanya tersenyum. Salvia menlpon rob, menjelaskan kejadian hari ini, rob, sebenarnya kesal tapi ia termasuk orang yang sangat sabar, dia memberi salvia waktu untuk memilih, antara dia dan andre. Rob terima semua keputusan salvia, dia juga rela melepaskan salvia jika memang salvia lebih bahagia memilih andre.


Andre sudah dua minggu di rawat di Rs. Menunjukan kemajuan yang berarti karena semangat hidupnya tinggi, salvia selalu menemani di samping kesibukannya kuliah di esmod. Rob juga ikut membantu merawat andre. Andre tahu bahwa rob adalah kekasih salvia, dia hanya mengatakan “ maaf rob aku sudah mengangu kalian berdua dan merepotkan, aku tahu kamu juga sayang salvia, setelah ini aku akan pulang dan menarik semua ucapan ku”. Rob hanya diam, dan berkata sedikit.” Jangan kamu tarik ucapan mu, sepertinya sal lebih memilih mu, andre, dia tidak pernah mencintaiku seperti dia mencintai mu, selama berada di sini yang di pikirkan hanyalah kamu, bukan aku, dia memilih aku kemarin hanya ucapan terimakasih karna aku selalu membantunya.” Andre” salvia seperti itu, mengapa dia tak pernah member kabar dan menghubungi aku, bahkan bila aku menghubunginya tidak ada jawaban, no handphone selalu tidak aktif.”Rob” salvia berusaha menghubungi mu, tetapi tidak bisa, no. mu tidak aktif, facebook, diatidak sempat membuka bakhkan online YM sekalipun, dia bertanya pada adiknya saqi, kamu sudah punya pacar, ya setelah itu dia sibuk dengan pekerjaannya dan memilih ku”. Andre hanya terdiam, berpikir tentang saqi, “mengapa saqi bersikap dingin padaku, apa yang salah, apa dulu sebelum salvia pergi ke samosir, memang aku sempat cuek dan dingin dingin saja pada salvia, apa saqi sangat kesal dengan ku, dia tidak ingin kakak tercintanya aku gangu?”gumam andre dalam hati. andre tahu kesalahannya dan memaklumi perbuatan saqi.


Salvia telah membuat keputusan dalam hidupnya, dia lebih memilih andre, meski andre mengatakan “jauhi aku, aku sakit, aku hanya bisa merepotkan mu dan membuat mu terluka dan meninggalkan mu di kemudian hari salvia…”. Salvia hanya tersenyum dan memeluk andre erat, aku sudah memilih mu sejak aku dulu menatapmu saat umurku masih 14 tahun andre, apa kamu tahu, aku pun lelah mencarimu, berbagai cara mungkin aku lakukan,, apa setelah kamu ada di dekatku begini aku akan melepasmu?… Andre, hanya menahan rasa harunya.dan rob menyaksikan, meskipun bagi rob itu sangat sakit, tapi rob tahu cinta mereka sangat kuat, rob rela menjadi sahabat salvia selamaya.


Sebulan di sana, Andre pulang ke tanah air, salvia sedang liburan musim panas pun ikut dengan andre. Andre mau memperkenalkan salvia pada keluarganya di samosir.
Mama dan papa menyambut salvia dengan bangga, mama sangat kangen salvia, saqi, belum2 dia sudah menagih oleh oleh dan berkata” mbak klo mbak sama si tengil satu ini k rob buat aku dong..hahahahaha…!” salvia Cuma tersenyum dan mencium pipi adiknya yang lucu itu. disana pun ada travis dan teman2 andre yang lain, travis bertanya “ koq elu pucet c ndre knp? Teman2 yang lain juga menimpali bertanya.andre Cuma tersenyum tak berarti.


Setelah puas melepas kangen di Jakarta, andre membawa salvia pulang ke kampung halamannya di samosir. Andre memperkenalkan salvia kepada kedua orang tuanya, kakak laki2 andre dan kakak perempuannya dan adik laki lakinya. Andre menyatakan bahwa ia sudah mantap memilih salvia sebagai pendamping hidupnya, ia juga bilang tidak lama lagi ia dan salvia akan menikah di Australia. Mama andre bertanya mengapa harus di Australia, andre menjawab karna kami berbeda agama. Papa andre kontan marah dan tidak setuju. Mama andre hanya diam tidak menjawab sepatah katapun. Salvia hanya diam tidak berani bicara. Andre hanya bisa mengaku” aku mencintainya papa, papa tidak tahu dia sudah merawat aku selama di prancis, karena aku di vonis dokter, kena kangker stadium II mungkin akan lebih parah, dia semangat ku papa!….izinkan lah kami.” Mama andre menangis pilu, begitupun kak devi, papa andre hanya diam. Tak berkata apapun.





“Andre, biarpun kamu mencintainya, papa tetap tidak setuju!!!…. “
Andre bagai di sambar petir siang itu, andre jatuh pingsan dan tidak sadarkan diri, kak devi adalah seorang doctor specialis penyakit dalam langsung membawa ke rs terdekat dan membawa andre ke ruang perawatan di rumah sakit miliknya.
Salvia hanya bisa menangis, mama andre hanya berkata maafkan keluarga kami mungkin belum bisa menerima mu, mama andre pun masih ramah dan berusaha menenangkan salvia dengan memeluknya seperti anak perempuannya sendiri.


Salvia, menelpon saqi, saqi, marah marah di telpon, saqi yang tak terima kakaknya di tolak keluarga andre langsung lapor papanya, papa marah dan ikut tidak setuju, saqi yang sedang kesal, mengadu ke rob lewat telpon, rob sontak kaget dan marah atas sikap keluarga andre, rob pun segera mengurus keberangkatannya ke Indonesia dengan maksud langsung menikahi salvia.


Penyakit andre makin parah, salvia di suruh pulang ke Jakarta juga keukeh tidak mau, dia tiap hari hanya menunggu andre dan merawat andre. Ka devi kasihan melihat salvia, “sebenarnya kamu sangat baik sal, kenapa papa kami tidak setuju saja, jujur sal kakak juga ga sangup kalau begini terus umur andre tidak lama lagi.” Andre yang sudah 1 minggu koma dan tidak ada kemajuan yang berarti papa, andre akhirnya menyerah dan berbisik ke telingga anaknya itu, “ an sekarang terserah kamu, papa setuju apapun mau mu”..tanpa di duga jari tanggan andre mulai bergerak, dan mata andre mulai terbuka sedikit demi sedikit.


Sementara di Jakarta rob datang, dijemput saqi, esoknya rob langsung menutarakan keinginannya itu pada papa saqi. Papa saqi meng-iakan maksud rob, mama saqi, tidak bisa berkata apapun. Sementara saqi dan rob berkemas untuk menjemput salvia di samosir. Dan semua persiapan pesta, undangan dan atribut pernikahan telah siap sedia oleh rob sesuai impian salvia, yang rob ketahui dari facebook salvia.



Salvia mendoakan andre selalu dengan caranya, keyakinannya. Dia selalu membisikan lafas Allah di telingga andre, membacakan andre ayat ayat suci Al-quran jika tidak ada k –devi dan keluarga andre lainnya. Saat menunggu andre salvia rupanya kelelahan, masih dengan mukenanya karna dia habis sholat subuh, salvia tertidur di dekat tanggan andre. Andre yang mulai tersadar langsung mengelus lembut kepala salvia. “Sal..bangun aku andre sal..aku bermimpi mendengar suara suara merdu dan seberkas cahaya putih, dia menunjukan jalan ku sal…apa itu sal, sal..bangun..!?!”. salvia langsung bangun, dan bertanya “apa yang kamu dengar andre?” dengarkan aku sal…”QUL HUWALLAAHU AHAD….” Aku mendengar itu sal, ada seorang berjubah putih, tampan dan bewajah berseri-seri menunjukan aku kesuatu tempat yang sangat indah, aku tak tahu itu tempat apa, dan akupun di bawa ke tempat lain sal, tempat itu mengerikan sal, dia membawaku sambil membaca itu berulang ulang, hingga akhirnya aku sadar sal..”andre bercerita dengan nada lirih sedikit terbata-bata tapi salvia tahu maksudnya.”sal.. kamu sangat cantik klo pakai busana itu, seperti bidadari yang aku temui di taman tempat indah itu sal, kumohon jangan kamu lepas ya sal”. Salvia mengiakan apa yang andre katakan. Ia menjelaskan kepada andre tentang mimpinya dari apa yang pernah ia baca, andre menangis haru, dan seketika andre menyatakan ingin meyakini apa yang salvia yakini.



Papa dan mama andre siang itu datang ke rs. Papa dan mamanya sangat senang andre telah melewati masa kritisnya. Andre bercerita tentang apa yang dialaminya, dan andre berusaha meyakinkan papa dan mamanya bahwa ia ingin pindah kekakinan, ia minta, sebagai syarat keinginan terakhirnya saat ia hendak pergi. Papa dan mama andre melihat kearah devi, dewi hanya diam menagis, k candra dan dani diam. Devi hanya berkata” tak ada pilihan pah, mah turuti keinginan dia..”devi diam tak tahan menahan haru, lalu pergi. hari itu, papa andre, pak Michael dan bu Michael meminta maaf kepada salvia atas perlakuannya kemarin,mereka tahu salvia anak baik dan mampu menjaga andre dengan baik pula. “Sekarang kamu siapkan apa yang di minta andre salvia, pak ustad untuk membimbing andre kepada yang ia pilih, mama, dan papa titip anak kami salvia.” Andre juga meminta satu hal setelah ia mengucap kalimat shadat tain, ia ingin menikah dengan salvia hari itu juga.


“Asyadu Alla illa ha illallah wa Assyadhu anna muhammada rasullulah, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Muhammad Utusan Allah..” andre mengucapkan itu didepan semua anggota keluarganya dan di hadapan salvia, di salsikan oleh sahabatnya travis di bimbing oleh ustad Mahmud, ustad setempat. Andre walaupun sakit dia terlihat seperi orang sehat, memakai baju koko putih dan peci hitam pemberian salvia, salvia pun memakai jilbab sesuai permintaan andre. Andre setelah itu minta langsung diadakan acara ijab Kabul.penghulu para saksi sudah siap dan wali nikah wakilkan, karna papa salvia tidak bisa hadir saat itu, berhubung waktunya sangat mendesak.
Semua siap saat selesai ijab Kabul, saksi 1 menyatakan syah, saksi ke 2, tersentak diam karna saqi, Rob dan papa dan mama saqi datang, meminta salvia untuk pulang dan membatalkan acara ini, semua berlangsung tegang, tetapi hal ini bisa diatasi, ka devi berasil menjelaskan kepada semua keluarga salvia, termasuk rob. Akhirnya papa saqi luluh, karena andre sudah memilih muslim sebagai agamanya, akad nikah di ulang, kali ini yang menjadi wali nikah adalah papa salvia sendiri. Prosesi berjalan lancar meskipun dilaksanakan di rumah sakit dengan baju seadanya. Rob, pun tahu salvia dan andre memang tak bisa di pisahkan. Walaupun rob sebenarnya sudah terlanjur memesan semuanya untuk pernikahan salvia dan dirinya, dengan ikhlas demi kebahagiaan orang yang sangat ia cintai, ia rela memberikan semuanya kepada salvia dan andre, termasuk paket umrah antara salvia dan dirinya diganti oleh andre.
Andre belajar sholat dan bertak’yamum di tempat tidur di bimbing oleh rob dan salvia. Setelah belajar shalat rob menjelaskan tentang umrah kepada andre, andre sangat antusias mendengarnya, langsung meng akan ajakan rob, untuk mengantikan dirinya mendampingi salvia umrah dan mengantikan dirinya menjadi mempelai pria di acara resepsi nanti. Andre sempat bertanya, mengapa rob sangat baik, dan rela melepas salvia untuk dirinya, yang lemah ini, rob hanya menjawab, “salvia lebih memilih mu di segala keadaan mu, di banding aku, walau aku punya segalanya, salvia tidak butuh itu, dia hanya butuh kasih sayang mu yang tulus.” Terimakasih sobat..aku tak bisa berkata apapun lagi, mungkin waktuku hanya tinggal menunggu..”. rob hanya diam tanpa kata2.




Keesokanya, andre memang masih lemah, tapi andre tetap bersemangat untuk menjalankan ibadah umroh ke tanah suci, meskipun dia sekarang memakai kursi roda dan rambutnya habis tipis karena kemoterapi. semua teman andre, keluarga andre dan salvia mengantar pasangan baru itu, melepas kepergian andre dan salvia, keluarga andre sudah ikhlas apa yang aakan terjadi nanti di tanah suci, mungkin andre akan segera pergi.


Andre dan salvia tampak bahagia selama perjalanan di dalam pesawat, andre tidak seperti orang sakit kebanyakan, dia terlihat tegar dan kuat,walau andre ahrus mengkonsumsi obat obatan penahan rasa sakit, dikala sakitnya itu kambuh.


Sampai di bandara King Abdul aziz jeddah, Saudi Arabia.
Andre membaca niat umroh dan sudah memakai baju ihromnya.begitupun salvia.
Mereka menjalankan rukun umrah dengan lancar.meskipun andre ada di kursi roda dan harus di dorong orang atau salvia sendiri andre tidak keberatan menjalankan ibadah itu, wajahnya berseri seri bahagia seolah ia lupa akan penyakitnya. Malam hari atau waktu luang mereka sempat menelpon keluarga di tanah air. Hingga suatu malam sehabis shalat isya di masjid dil haram, penyakit andre kumat tak tertahankan. andre yg sudah tak berdaya itu, tertidur di pangkuan salvia. hanya berpesan pada salvia, “anna behibak..”dgn suaranya yg lirih menahan rasa sakit. “a..ku haus salvia, ambilkan aku air.’ salvia ambil air zam-zam dari botolnya.” minum ini y habibie, aku ikhlas kamu pergi, aku tahu, aku menunggu mu sekian tahun untuk kita brsama,perbedaan sempat memisahkan kita, tapi semua milik Allah, kamu pun milik-Nya,..”
di depan ka’bah andre seperti mengalami sakratul maut, salvia hanya menahan rasa sedihnya melepas kepergian suaminya, dia berpikir suaminya telah memilih suatu yg bnr di hidupnya. andre terpejam dan tidak sadarkan diri beberapa waktu, tetapi keajaiban itu datang, setelah di rs. andre koma, dan sadar, dokter menyatakan kangker lambungnya raib seketika, sunguh mukzisat Allah, salvia sujud sukur setelah itu. andre berangsur2 sehat, dan lebih tampan dari sebelumnya.pesta pernikahan yang indah bagai di negeri dongeng itu pun digelar. Andre sembuh total. Beberapa tahun kemudian andre dan salvia di berikan karunia besar oleh Allah SWT mereka punya anak kembar, laki-laki dan perempuan. Salvia berhasil menjadi fashion desainer baju muslimah, andre menjadi pengusaha sukses.keluarga salvia dan keluarga andre sekarang sangat tentaram dan damai. mereka hidup bahagia selamaya. cinta adalah kesetiaan dlm penantian, meski itu jemu, tapi Tuhan berikan yg trebaik untuk kesabaran mereka.