Informasi Pendidikan Eskul Media Mandiri bersama SMA PGRI 1 Majalengka, SMKN 1 Talaga, SMAN 2 Majalengka, SMKN 1 Majalengka, SMAN 1 Jatiwangi, SMAN 1 Talaga

Kamis, 13 Januari 2011

Bunga Tulip di Belanda (Laporan Langsung ESKUL dari Belanda)

Tulip asalnya dari Negeri Turki dikembangbiakkan dan dikawin-silangkan dengan bunga lain sehingga menjadi jenis tulip yang baru .
Sekarang ada ratusan jenis tulip dan bermacam macam aneka warna
na . Kita bisa melihat tulip  yang terkenal di Keukenhof .
James Montgomery, seorang penyair Inggris pernah menggambarkan bunga tulip Belanda sebagai bunga yang mengangkat kuntum nya yang megah untuk dipamerkan di ladang bunga . Kita semua tahu bahwa gambaran itu dari pemandangan di ladang Umbi umbi bunga yang begitu terkenal . Anggapan terebut tidak penah pudar hingga saat ini .
Bertentangan dengan pendapat orang awan, asal usul bunga tulip itu bukan dari Belanda, tapi dari Asia tengah dan barat, yaitu dari
- negara seperti Iran, Kazakhstan dan Afganistan. Konon melalui pedagang - pedagang bunga tulip ini muncul dari Turki sana, akhirnya ke EROPA. Ahli botani Belanda Carolius, Sekitar 1393 memperkenalkan nama bunga Tulip pertama kali di Belanda .

Tidak lama kemudian bunga tulip tumbuh menjadi simbol status. Uang ribuan dollar dianggap normal umtuk membayar bunga tulip. Orang bilang periode ini disebut demam bunga mania tulip . Ini berlangsung sekitar thn 1600- 1637.
Tulip termasuk golongan genus tulipa, tulip ini mudah untuk dibudayakan, tanaman ini juga bermutasi cukup mudah tanpa campur tangan manusia. Sehingga jenisnya tinggi dan meningkat setiap tahun .
Beberapa jenis yang dikenal adalah tulip berbunga tunggal, tulip ini berbunga ganda, tulip bitani , hibrida Darwin, tulip lily dan tulip keriting . Selain itu banyak juga variatie warna - warnanya .
Tulip memiliki tangkai yang lembut dan sensitief , yang tumbuh membengkok di dalam vas , untuk itu tangkai perlu di potong dulu sebelum di masukan ke dalam vas . Daun -daun nya yang berbentuk cangkir dari bawah melingkari tangkai dan mengait bunga tulip sebagai karakteristik bunga tulip .
Bunga tulip pada umumnya tidak berbau , untuk itu hanya cocok untuk variatie dekoratie saja .
Nama tulip berasal dari Persia , dari kata tulpen yang berarti sorban . Sebagai status simbol sultan kerajaan Ottoman dari persia memakai sekuntum bunga tulip di sorbannya . Walaupun bunga tulip bukan bukan asli dari Belanda . Tapi bunga ini akhir - akhir ini termasuk satu produk eksport terbesar di Belanda . Terutama tulip jenis yang di budayakan dan dari umbi- umbi bunga sabgat di gemari , secara massal turis turis mengunjungi ladang tulip dan tanaman bunga yang sangat popular , KEUKENHOF
Menurut Sejarahnya : Pada abad ke 16 di mulai dalam sejarah bunga tulip di Turki seperti yang kita ketahui bahwa bunga ini mekar dalam kelimpahan di taman Istana di pantai Istambul Gorden Horn ( Halica)
Tulip pertama datang dari Turki bukan sebagai tanaman liar yg tumbuh tetapi sebagai bunga yg berbentuk .
Hari ini telah di ketahui bahwa dalam bunga tulip ada tumbuh liar di suatu daerah antara pantai mediterania ke perbatasan cina . penjelajah berada di abad ke 19 untuk mencari bermacam - macam bunga tulip yg liar , dari pertemuan ini banyak variatie bunga tulip yg baru dan sekarang populer ,
Asal - usul bunga tulip adalah di Kekaisaran Ottoman Sultan Sulayman ia hidup ( 1494- 1566) Selama penerapan Mr Sulayman ( Djuluki Magnifficent ) Istambul .
Menjadi tempat Porte tinggi , Kerajaan Sulayman ada di seluruh Asia kecil , sebagian besar bahkan dari negara - negara sekitar laut ke teluk hitam membentang membentang lebih lanjut ke teluk Persia dan sepanjang pantai selatan laut Mediterania .
Sulayman adalah pengusaha yang sangat berbakat tetapi dia seorang yg penuh kontradikatisi . Sulayman adalah seorang ahli dan komandan militer kejam juga pencinta dari semua yg tumbuh dan makmur , dia sangat terpesona oleh bunga tulip***




Priharyanti van Verp, Kontributor ESKUL di Belanda

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar