Informasi Pendidikan Eskul Media Mandiri bersama SMA PGRI 1 Majalengka, SMKN 1 Talaga, SMAN 2 Majalengka, SMKN 1 Majalengka, SMAN 1 Jatiwangi, SMAN 1 Talaga

Jumat, 07 Januari 2011

PENGEMBANGAN PROGRAM PTD DI SMP




Catatan Penulis hasil kegiatan Workshop Penguatan Kompetensi Guru MIPA dalam Bahasa Inggris Untuk SD dan SMP SSN/SBI di Jawa Barat, pada tanggal 23 s.d. 26 November 2010 kegiatan tersebut diikuti oleh 375 (Rintisan SBI); 75 Guru TIK, 75 Guru Bahasa Inggris, 75 Guru Biologi, 75 Guru Fisika, dan 75 Guru Matematika. Sumber Pembiayaan Kegiataan dari APBN Provinsi Jawa Barat. Pelaksanaannya terbagi 3 (tiga) tempat kegiatan diantaranya di Alam Permai Hotel Jalan dr. Setiabudhi Bandung yang diikuti oleh Guru SD dan SMP Mata Pelajaran TIK.

Pendidikan Teknologi Dasar (PTD) atau Basic Tecnology Education (BTE) di Provinsi Jawa Barat akan dikembangkan sebagai muatan lokal pada kurikulum di SMP sebanyak 2 jam pelajaran setiap minggunya. PTD tidak sebagai pengganti Pembelajaran yang sudah ada yaitu Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), PTD menitik beratkan pada Pembelajaran Teknologi dasar; tentunya teknologi yang digunakan adalah teknologi yang di sukai oleh anak, sedangkan TIK yang merupakan rumpun mata pelajaran MIPA ini akan menitik beratkan pada pembelajaran komputernya; sehingga TIK akan berubah akronim menjadi Teknologi Ilmu Komputer.
Di Indonesia PTD ini sudah diperkenalkan sejak tahun 1997 di diimplementasikan pada 4 SMP Swasta bekerjasama dengan Pemerintah Belanda, tahun 2000 dikembangkan pada 10 SMP Swasta, tahun 2001 dikembangkan pada 15 SMP Swasta, tahun 2003 dikembangkan pada 10 SMP Negeri, tahun 2005 PTD menjadi salah satu ciri keinternasionalan SMP SBI/RSBI terintegrasi kedalam mata pelajaran TIK dan diimplementasikan pada 400 SMP. Pada tahap awal PTD di Sekolah Dasar (SD) dimulai pada tahun 2002 dikembangan pada 90 SD tersebar di seluruh Indonesia, dilaksanakan mulai kelas 5 dan 6 SD, pada tahap selanjutnya program PTD menjadi salah satu ciri keinternasionalan SD SBI/RSBI.
Program Pengembangan PTD di Perguruan Tinggi: Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA (FPMIPA) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), khususnya jurusan Pendidikan Fisika dan Ilmu Komputer membuka mata kuliah Pendidikan Teknologi Dasar, FPMIPA UPI mengembangkan program S1 bagi guru MIPA SBI/RSBI, salah satu mata kuliah wajibnya adalah Basic Technologi Educatiuon (BTE), FPMIPA UPI mendirikan Pusat Kajian dan Pengembangan Pendidikan Teknologi Dasar (PTD), PTD menjadi bahan kajian untuk skripsi (S1), thesis (S2), dan disertasi (S3) pada beberapa perguruan tinggi, Di Sekolah Pasca Sarjana UPI sedang dikaji untuk membuka konsentrasi Pendidikan Teknologi Dasar (PTD). Sedangkan Program Pengembangan PTD di Kementerian Agama Sedang dikaji untuk memasukan PTD kedalam program Pengembangan Madrasah Bertaraf Internasional (MBI)  
Apa itu Pendidikan Teknologi?
Suatu studi tentang teknologi yang memberikan kesempatan kepada peserta didik tentang proses dan pengetahuan yang berhubungan dengan teknologi yang diperlukan untuk memecahkan masalah dan memperluas kemampuan manusia (International of Technology Education Association, 2001)

Landasan PTD :
UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 37 ayat (1) huruf (i), menyebutkan Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah wajib memuat keterampilan/kejuruan. PP RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 7 ayat (4), menyatakan bahwa kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMP/MTs/SMPLB/ Paket B, atau bentuk lain yang sederajat dilaksanakan melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, keterampilan/kejuruan, dan/atau teknologi informasi dan komunikasi serta muatan lokal yang relevan

Karakteristik Teknologi; Menjadi esensi bagi pengembangan Pendidikan Teknologi Dasar (PTD)
1.    Teknologi merupakan masa depan manusia yang penting.
2.    Keterampilan utama teknologi adalah : (a) merancang; (b) membuat, dan (c) menggunakan.
3.    Pilar teknologi adalah : materi, energi, dan informasi.
4.    Ada keterkaitan antara metodologi teknologi dengan metodologi sains dan antara teknik dan pengetahuan sains.
5.    Ada keterkaitan pengaruh antara teknologi dengan masyarakat

Ditinjau dari landasan psikologis, B. Archer mengemukakan dalam bukunya Technology in Education (1970) menyatakan bahwa ada tiga kemampuan dasar yang harus diberikan pada pendidikan umum, yaitu:
1. Membaca dan Menulis;
2. Berhitung dan Perhitungan; dan
3. Teknologi dan Keahlian/ Keterampilan

Agar para peserta didik  kelak dapat berperan di masyarakat masa depan, mereka harus diberi pemahaman tentang teknologi, suatu aspek penting dalam masyarakat (Banks, 1994; Hutchinson dan Karsnitz, 1996; Ploegmakers, Bekker-Hotland dan Smits, 1994).
Banyak teknologi yang dapat menentukan standar hidup seseorang serta mempengaruhi cara mereka berinteraksi dengan dunia disekitar mereka.
Komponen Program PTD adalah:
·    Standar Kompetensi Mata Pelajaran
·    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
·    Model Kurikulum PTD
·    Pedoman Penyusunan Silabus
·    Pedoman Penyusunan RPP
·    Bahan ajar PTD (Modul yang terdiri dari buku kerja siswa, buku guru, dan buku teori)
·    Buku Konsep PTD
·    Panduan Penyelenggaraan Program PTD
·    Panduan Pengembangan Program PTD
·    Standar Sarana dan parasarana pembelajaran PTD
·    Mekanisme Pelatihan Guru
·    Kurikulum dan materi pelatihan guru

Mata Pelajaran Teknologi Dasar (PTD) pada SMP:
Kumpulan bahan kajian dan pembelajaran dengan fokus kajian tentang teknologi dan masyarakat, penggunaan produk teknologi dan sistem, serta perancangan dan pembuatan karya teknologi yang berguna bagi kehidupan sehari-hari

Area Pembelajaran PTD meliputi :
1.    Produksi
2.    Komunikasi dan Informasi
3.    Transformasi
4.    Teknologi Konstruksi
5.    Energi
6.    Bio Teknologi

 Akhir kata semoga PTD menjadi salah satu alternatif upaya memperkenalkan teknologi sedini mungkin kepada masyarakat dan satu alternatif meningkatkan wawasan teknologi (technological literacy) masyarakat yang sangat penting dalam era globalisasi.

(Anda Sukanda, S.Pd. Guru TIK SMPN 2 Jatiwangi, Pengurus MGMP-TIK SMP/MTs Kabupaten Majalengka, Pengelola Madrasah/DTA dan TPQ Al-Muwahhidin; Partisipan Workshop Alam Permai Hotel)


5 komentar:

  1. Natakaria Putra4 Februari 2011 00.38

    rekan dari Subang dan SMPN 1 Ciamis untuk awal ajaran akan datang siap2 mengajar niehh ... sebab peralatan PTD-nya sudah dikirim, ke Majalengka kapan kirimannya ???

    BalasHapus
  2. Menunggu lebih cangkeul!!! mending di jugjug wae atuh Kang! tapi kamana ngajugjugna?

    BalasHapus
  3. Kasaha atuh narosna2 Maret 2011 09.19

    PTD??? harus komlit dong peralatannya, tanpa itu mana bisa!!!

    BalasHapus
  4. Apa Kabar PTD, kapan mulainya???

    BalasHapus
  5. Alatnya siapayang nyiapi sih?

    BalasHapus