Informasi Pendidikan Eskul Media Mandiri bersama SMA PGRI 1 Majalengka, SMKN 1 Talaga, SMAN 2 Majalengka, SMKN 1 Majalengka, SMAN 1 Jatiwangi, SMAN 1 Talaga

Selasa, 29 Maret 2011

PUISIKU dari Emiliasari Fajrin

Emiliasari  Fajrin
Siswi Kelas XII
SMAN 1 Majalengka
JERITAN ASA....

                                                                 karya : Emiliasari Fajrin


Semua kejujuran yang aku berikan
tak pernah ada artinya di matamu


aku wanita!

Kenangan Senja Kelabu


Langit tertutup awan kelabu
Kilat berlarian
Dibalik rintik hujan

Senin, 28 Maret 2011

KODE ETIK GURU



PEMBUKAAN

Dengan rahmat Tuhan yang Maha Esa guru Indonesia menyadari bahwa jabatan guru adalah suatu profesi yang terhormat dan mulia. Guru mengabdikan diri dan berbakti untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang bermain, bertakwa dan berakhlak mulia serta mengusai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur, dan beradab.
Guru Indonesia selalu tampil secara profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru Indonesia memiliki kehandalan yang tinggi sebagai sumber daya utama untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu berkembangnya potensi peserta didik

Kamis, 24 Maret 2011

BEBERAPA UPAYA & TINDAKAN MENGATASI GEMPA DI JEPANG



oleh: Mohammad Hasan
Kontributor ESKUL di Jepang

Pada saat terjadi musibah atau bencana alam, nyawa kita selamat atau tidak, Tuhanlah yang menentukan. Begitulah kira-kira lirihan yang sering kita dengar, namun kita sebaiknya janganlah bergantung pada suratan ilahi. Layaknya seperti membuka usaha bisnis, hanya dengan doa saja tidaklah cukup tetapi harus dibarengi dengan usaha dan kerja keras. Begitu pula sama halnya dalam menghadapi bencana gempa.

Rabu, 23 Maret 2011

Ngalangkang

Malikan neang carita nu lawas
aya nu ngagandet dina alam panineungan 
mani karasa sajorelat kilat
Anjeun ngereles ngiles 
tapi taya guna di naha-naha

Senin, 21 Maret 2011

BANJIR.....!!!!

Banjir adalah salah satu contoh bencana alam yang berasal dari hujan, ombak air laut, sungai yang terpenuhi oleh barang-barang bekas (sampah), hutan yang gundul (tidak terdapat pepohonan) dan masih banyak lagi. Banjir merupakan bencana alam yang sudah ditentukan oleh Allah SWT kepada kita semua, kita harus menerima takdir (Qadar) yang telah ditetapkan oleh-Nya.

Minggu, 20 Maret 2011

TERCIPTANYA ALAM SEMESTA


Terciptanya Alam Semesta oleh Dra. Nurlaela Terciptanya Alam Semesta oleh Dra. Nurlaela





Tatkala manusia mulai mengamati gejala alam tentang bumi yang dihuninya, saat ditatap langit diatas sana yang begitu indah bertaburan gemerlapnya bintang-bintang seiring dengan Ilmu pengetahuan  yang membahas tentang terjadinya alam semesta terus berkembang, dengan dibantu alat untuk dapat melihat indahnya alam semesta tersebut sehingga munculah berbagai teori yang membahas alam semesta. Terjadinya alam semesta sebagaimana termaktub  dalam Al-Quran diantaranya Teori Big Bang atau Ledakan Dahsyat. Al-Quran surat Al-Hadiid ayat: 4: ”Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa; Kemudian Dia bersemayam di atas `Arsy Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepadanya. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan”. Penjelasan terciptanya alam semesta dalam enam masa seperti

Sabtu, 19 Maret 2011

Bisnis Bibit Pohon Menggeliat di Majalengka

Kabupaten Majalengka adalah daerah yang sangat agraris. Daerah ini diuntungkan dengan posisinya sebagai daerah lereng gunung Ciremai. Keuntungan pertama adalah ketersediaan air yang tanpa batas. Air jernih mengalir dari setiap sudut lorong bawah tanah dan menyemburat di antara akar dan bebatuan, terhimpun menjadi kolam atau talaga indah. Di Majalengka terdapat beberapa danau yang airnya bersumber dari resapan air gunung dan yang paling sering dikunjungi oleh Eskul adalah  Talaga Herang (Sindangwangi) dan Talaga Pancuran ( Hutan Prabu Siliwangi) Rajagaluh.

Kamis, 17 Maret 2011

GURUKU, SINAR JINGGAKU

Di kala senja rasanya ku ingin terbang
karena sang raja siang kan tenggelam
namun ku hanya dapat berlari
dan terus berlari mengejar anganku

Di sela pelarianku sesososk sinar jingga
menghentikan langkah kaki ini

Rabu, 16 Maret 2011

FACEBOOK-ku DI ACAK-ACAK.....???

Mungkin sudah sering kita melihat di tiap Status kawan-kawan FACEBOOKER's (sebutan untuk maniak pesbuk) bahwa FACEBOOK nya di HACK ma orang-orang yang gak bertanggung jawab, ada beberapa solusi untuk mencegah akun FB kita agar tidak bisa di 'ACAK-ACAK' atau di 'BAJAK' orang.
 
1. Periksa kembali di PROFIL kita, pastikan alamat e-mail gak terlihat saat kita buka di item INFO.
2. Pastikan AKUN kita sudah keluar dari applikasinya, jika menggunakan / membuka PESBUKnya di WARNET.
3. Jangan sekali-kali bertukar AKUN dengan siapapun, termasuk PACAR....bisa jadi ketika kita 'PUTUS', terus PACAR kita tau AKUN FB kita, sebutkan saja NAMA PROFIL yang kita pake. ya mungkin jika akun kita di ketahui...dengan mudahnya dia mengacak-acak bahkan merubah sandi / langsung menutup akun kita.

Mungkin cukup segitu dulu ah, barangkali temen-temen FACEBOOKER's yang lain ada tambahan.

{dik's}

SYUKURI NIKMAT ROBB-mu

Puisi ini dipersembahkan tuk sahabat kecilku Dede Rahman
(Siswa Kelas V SDN Pinangraja I Kecamatan Jatiwangi)

Jumat, 11 Maret 2011

Titip Salam untuk Ibu..

{http://www.facebook.com/notes/paramita-rica-arwindah/titip-salam-untuk-ibu}


Mitha & Ibu
Wanita itu bukan benar-benar sebagai ibu...
Kata “ibu” melekat padanya karena Tuhan memberinya peran untuk kata tersebut, setidaknya hanya selama hidupnya di dunia fana ini. Tapi dia sangat bersungguh-sungguh menjalani perannya sebagai ibu. Meski dia juga tidak punya kesempatan memilih putra putri seperti yang dia kehendaki. Dia hanya tau perannya sebagai ibu adalah menyanyangi dan mencintai putra putrinya dengan tulus, menanamkan pesan-pesan penuh kebaikan dan kasih, mengajarkan sikap sayang kepada sesama, tidak peduli seperti apa dan bagaimana anaknya. Entah terbuat dari apa hati wanita itu,, hatinya penuh sekali dengan kasih dan sayang...

Wanita itu mungkin memang tidak benar-benar sebagai ibu. Karena memang peran ibu itu akan selesai, segera setelah nafas tak lagi menyertai tenggorokannya dan detak tak lagi bersama jantungnya...

TER-NYUH KAH HATIMU ???

.....Itu harta yang kaumiliki
Tidak akan kaubawa mati
Itu harta yang kaumiliki
Hanyalah titipan Ilahi

Mengapa begitu kikir hatimu ‘tuk memberi orang
Takut miskinkah dirimu bila sedekah pada orang

Oh, sisihkan rezekimu untuk dimakan
Orang yang lapar
Oh, tidakkah kaudengar jerit rintihan
Orang yang lapar

Lapar, lapar, lapar, lapar

Ulurkan tanganmu berilah ia orang yang lapar ..........


{Lapar_Rhoma Irama}




Wahai saudaraku.....!!! 

pernahkah kita berfikir dalam melihat orang-orang seperti ini, mereka yang hidup di jalanan dengan cara meminta-minta...menengadahkan tangan, menahan rasa malu hanya untuk mencari sesuap nasi dan menghidupi keluarga nya, kita seharusnya bersyukur di beri kelebihan harta oleh Tuhan.

Jadikanlah mereka sebagai ladang amal kita, kasihilah mereka yang membutuhkan, jangan pandang mereka sebelah mata, mereka sama seperti kita. {diks}

 

BERPACARAN ? BOLEH !! - (1)

Mungkinkah ada obrolan seperti berikut ? :

 "Jang  Derwo, kamu berusia remaja. Sudah  waktunya  kamu ikut  yang lain belajar menggoda manusia..!", titah  sang mamih kepada  anaknya.
"Gimana caranya,  Mih..?", pinta jang Derwo.
"Lihat  ntuh...!", suruh  si mamih sambil menunjuk ke arah dua sosok orang di bawah pohon yang rimbun.
"Dua manusia itu lagi ngapain, Mih..? Kayaknya satu laki dan satu lagi wanita". 
Ketika si mamih mau menjawab, tiba-tiba ada yang datang.
"Kak Derwo...! Miih...,  Mamih..!"
"Ada apa  nyi  Kunti..., mani ngos-ngosan begituh ?"
"Iyah, ada apa Kunti ? Sok atuh tenangkan dulu...!", pinta jang Derwo kepada adik kembarnya.
Nyi Kunti ngarenghap beberapa  kali, menenangkan diri.
"Miiih.., Kak.., nyai barusan melihat dua  manusia sedang gelut...! Mereka  saling dekap  dan saling gigit sambil gogorentelan...!"
"Di mana  nyi ?", tanya si  mamih dan jang Derwo bersamaan.
"Ntu, tuh di sana..!"
Mereka  menuju tempat yang ditunjukkan nyi Kunti.
"Weleh-weleh...,nyai...! ntu mah  bukan lagi gelut atuh..!  Dua manusia yang berlainan  jenisnya itu sedang  berpacaran  sudah  tahap semifinal..! Hihihihihiiiii...!", jelas si  mamih yang  nampak kegelian.
"Mamih  knapa ?  kok sepertinya geli begitu,  emang  ada yang  lucu..?", tanya nyi  Kunti keheranan. Begitu  juga jang Derwo olohok melihat mamihnya terpingkal-pingkal.
"Nyai...,   ujang...., emangnya  kalian kagak  lihat  ? Itu kan Mamang dan Bibi Urig".
"Mana,  Mih  ?".  Jang Derwo penasaran.
"Lihat tuh, mamang kalian di  dalam tubuh si  laki  dan bibi kalian di  dalam tubuh si wanita !  Mereka lagi asyik  ikut  merasakan  nikmatnya berpacaran. Biasany kalau Mang dan  Bi  Urig  yang  mengendalikan,   pasti  sampai final."
"Sampai final  ?  Maksud Mamih apaan sich ? Kayak main bola  saja  !",  tanya jang Derwo.
"Persis kayak main  bola, ...  gooooolll..! tuhh 'kan.., masuk  !!!",  jawab si Mamih sambil bersorak. 
"Ooohhh.., tadi Mamih menyuruh ujang  untuk belajar menggoda, seperti Mamang  dan Bibi Urig 'kan, Mih?"
"Itu salah  satunya".
"Kalau begitu, ayo Nyi kita nurutan si Mamang dan si Bibi  ! Boleh 'kan, Mih,  Derwo  ma  Kunti   berpacaran?"
"Pasti boleh..!  Tuh sana bersama  dua  manusia  yang  di bawah  pohon rimbun itu  !"
Sayang, ketika jang  Derwo  dan   nyi  Kunti  sampai  ke tempat yang  dituju, di  sana  ada  Pa Guru  sedang  memarahi mereka berdua.
".... Jangan berdua-duan, apalagi di  tempat sunyi dan sepi seperti ini  !! Ntar setan dengan mudahnya menggoda kalian ! Ayo, pulang sana ! Malu atuh, kalian 'kan  orang Islam !"

(Drs. Ahmadi, Guru PAI di  SMPN 2 Jatiwangi)



























Kamis, 10 Maret 2011

PENGARUH TELEVISI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA


Oleh : Rahmat Saleh, S.Pd., M.Pd.
Guru SMP Negeri 3 Majalengka
Rahmat Saleh, S.Pd.M.Pd
 
Televisi merupakan gabungan radio dan film. Televisi dapat meneruskan satu peristiwa dalam bentuk gambar hidup disertai suara. Komunikasi merupakan suatu hal yang penting saat ini, terutama dalam bentuk informasi yang disampaikan media massa, khususnya televisi.
Dilihat dari fungsinya, pengaruh tayangan televisi terbagi menjadi dua bagian, yakni: pengaruh dari luar dan pengaruh dari dalam. Saat ini, anak-anak dan para remaja sangat menyukai acara sinetron. Hal ini jelas akan berpengaruh pada perkembangan prestasi belajarnya. Sebagaimana kita ketahui, pengaruh sinetron sangat besar terhadap perkembangan emosi anak. Hal ini disebabkan anak akan lebih memahami melalui proses melihat, merekam, dan meniru.

Apa Kabar RSSN "Majalengka" ?

SMP Negeri 1 Sumberjaya Kabupaten Majalengka adalah salah satu sekolah yang termasuk dalam Rintisan Sekolah Standar Nasional (RSSN) namun ketika Eskul berkunjung ke sekolah tersebut cukup terkejut dengan melihat fasilitas yang ada,di antaranya Lab.Komputer yang sangat jauh dari memadai, idealnya 1 komputer untuk 1 murid sehingga murid akan merasa nyaman dan akan cepat memahami dalam pelajarannya dan tentunya guru pun akan sangat terbantu dalam memberikan ilmunya kalau 1 komputer untuk 1 murid, karena akan lebih mudah lagi tidak seperti saat ini. Dalam hal ini tidak menutup kemungkinan pula masih banyak terdapat pada sekolah sekolah yang lainnya yang belum bisa secara maksimal memberikan sarana dan prasarana yang terbaik bagi murid muridnya.

Rabu, 09 Maret 2011

DI JEPANG HIDUP KU, INDONESIA TETAP DI HATI KU . . . .

Oleh : SANTI S. SANJAYA
Mahasiswi Majalengka Yang Sedang Menimba Ilmu di Negeri Sakura.!!!


Semua telah mengetahui bahwa jepang lebih maju daripada Indonesia,,,TEKNOLOGI,PENDIDIKAN,dan SISTEM PEMERINTAHANNYA. Ya benar Japang memang lebih maju,,,.
bisakah Indonesia lebih maju??? tentu saja pertanyaan ini bisa di jawab antara Ya atau Tidak. Banyak hal yang membuat Jepang lebih maju selain SDM yang menunjang juga orang jepang benar-benar mencintai negaranya sendiri menjunjung tinggi aturan hukumnya dan mencintai produknya sendiri. Walaupun banyak produk luar yang di jual lebih murah di jepang dari pada produk jepang yang jauh lebih mahal tapi orang jepang sangat percaya terhadap produknya sendiri. Ya ... benar, mau siapa lagi yang cinta produk sendiri kalau tidak di mulai dari diri sendiri.???

   Seperti halnya saat ini, walaupun saya tinggal dan merasakan indahnya negara Jepang tapi Jepang juga tak kalah menariknya dari Indonesia,,hee :) banyak sebenarnya yang patut kita bisa
Indonesia tetap di hati ku walaupun banyak sekali embel-embel berita miring. Andai saja orang Indonesia seperti orang Jepang pasti Indonesia bisa lebih maju. Percaya produk sendiri mematuhi aturan dll. 

Tidak lagi bangga saat bisa shopping di luar negri, tidak lagi menyerukan negatif negara sendiri,kadang saya miris ketika sekumpulan orang sedang membicarakan Indonesia ada saja yang menyeletuk "akh kapan indonesia mau maju bisanya korupsi doank " emz sakit rasanya mendengar orang Indonesia yang menjelekan Indonesia. Kini saat nya kita promosikan Indonesia dengan sesuatu yang terbaik, Indonesia banyak kelebihan seni budaya dan keragaman bahasa itu keunggulan lebih Indonesia,SDA yang berlimpah tinggal orang Indonesia sadar memanfaatkan Alam indonesia dengan baik. Tingkatkan kecintaan pada Indonesia mulai dari diri sendiri, :)
{dik's)

Senin, 07 Maret 2011

SYUKUR ALHAMDULILLAH







JUMLAH PENGUNJUNG ESKUL ONLINE DI :

http://eskultabloidpendidikan.blogspot.com

Indonesia = 16,792
Amerika Serikat = 1,086
Belanda = 351
Kanada = 209
Malaysia = 189
Algeria = 92
Arab Saudi = 59
Jerman = 58
Rusia = 58
Jepang = 54


Jumlah Pengunjung s.d. tanggal :  04 Maret 2011

Semoga informasi tentang dunia Pendidikan dan tentang Seputar Majalengka dalam Media ONLINE ini bisa dibaca seluruh dunia dan bermanfaat bagi kita semua....!!!!

Sabtu, 05 Maret 2011

”ATLIT TERBAIK ANTAR SMA SE-JAWA BARAT, JAKARTA, dan BANTEN”

oleh Titi Nurhayarti, S.Ag  
Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Arjawinangun


ARJAWINANGUN. kontingen atlit siswa dan siswi SMA Near sebutan dari  SMA Negeri 1 Arjawinangun Kabupaten Cirebon yang telah mendapatkan Kejuaraan Pencak Silat antar SMA Se-Jawa Barat, Jakarta, dan Banten; dengan prestasi sebagai Atlit Terbaik Putra/juara umum dan berhasilnya menyabet berbagai mendali  diantaranya mendali emas, perak, dan perunggu pada Pentas Pencak Silat yang berlangsung di Tangerang, Banten pada tanggal 29 – 31 Januari 2010. Kejuaraan tersebut dihadiri oleh Bapak Menteri Pemuda dan Olah Raga, Bapak Andi Malarangeng, Ketua umum IPSI Bapak Prabowo Subianto, Rektor Universitas Mercubuana dan dari DISORDA.

Majalengka....ohh...Majalengka.....

Artikel ini sengaja saya buat untuk  mencoba membandingkan antara Kota Majalengka dan Kota Kuningan...

Baru sekali saya merasakan udara pagi di Kota Kuningan, kebetulan kemarin (05/03/11) saya ditugaskan untuk mendampingi senior saya untuk jadi juri LKBBI di SMAN 1 Ciawigebang-Kuningan, sehari sebelumnya saya di ajak main ke kota kuningan, keliling-keliling ke pelosok desa disana, sedikit saya merasa terkagum-kagum akan keindahan di daerah tersebut, selain udara yang segar, orang-orang yang ramah, arus lalulintas yang teratur, petugas polantas pun berbaur dengan masyarakatnya, saling membantu satu sama lain.

Dinginnya udara disana membuat fressh fikiranku, 2 hari disana ternyata masih menyisakan kenangan, ingin berlama-lama di kota Kuningan ternyata tidak mungkin, karena masih banyak kegiatan yang lainnya.
Perjalanan yang memakan waktu lumayan lama, ternyata bisa terobati dengan suasana daerah itu.

Majalengka.....???
mereka bertanya-tanya tentang Majalengka, tak habis fikir saya pun menjawabnya,

SEBUAH TANYA


Lina Agustina Rahayu *

Harus beginikah hidup
Terus dan terus seperti ini
Sudah  berkali-kali  aku mengalaminya
Inikah sebuah dinamika kehidupan??
Jalan yang telah tertempuh selama ini
Kenapa malah membuatku semakin tersisih
Semakin terasing
Semakin terpuruk
Dari semuanya…
Yang menghadapi ini dengan resah
Berilah secercah asa
Dalam menjalaninya
Semoga hari esok jauh lebih baik
Kuharap….

*) Guru DTA dan TPQ Al-Muwahhidin Perum Gunungsari Indah

INDAHNYA BERAHLAK MULIA


Dra. NURLAELA
Guru DTA dan TPQ Al-Muwahhidin Kecamatan Kasokandel  serta
Guru Fisika :  SMAN 1 Kasokandel Majalengka, MAN Model Ciwaringin Cirebon

Bila kita tengok sejarah peradaban manusia, kita telah mengenal budaya yang dimulai dengan bagaimana sekelompok manusia mengenal akan pentingnya bersosialisasi dengan lingkungannya, sehingga manusia dapat mempertahankan hidup. Salah satu potensi yang dianugerahkan Sang Pencipta adalah kemampuan bersosialisasi dengan

Jumat, 04 Maret 2011

Catatan Kang Inin

Adalah sebuah kewajaran kiranya, kita ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada seorang (kala itu) mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984, Mark Elliot Zuckerberg atau  mungkin lebih dikenal dengan nama Mark Zuckerberg. Ucapan terima kasih kepada pemuda  kelahiran Dobbs Ferry, Westchester County, New York, Amerika Serikat (AS) itu tidaklah  berlebihan (saya rasa) mengingat jasanya kepada ummat manusia di belahan bumi ini. Berkat  kepiawaiannya, seseorang kini bisa kembali menemukan teman lama

Rabu, 02 Maret 2011

AKIBAT BURUK DARI PACARAN YANG BERLEBIHAN, YANG MENGAKIBATKAN KEPERAWANAN MELAYANG DAN HIDUP JADI GAMANG


Cinta membuat kamu jadi lupa tujuan hidup, hidup tak lagi bermakna, prestasi belajar jadi hancur, itu karena buaian asmara. Cinta membuat kamu mau berkorban, sehingga apa yang diinginkan pacar kamu itu kamu rela ngelakuin, bahkan termasuk ketika pacar kamu minta 'ngelakuin' apa yang diinginkannya. Memang tidak semuanya sih yang menjalaninya seperti itu, tapi tahun-tahun kebelakang banyak sekali kejadian-kejadian yang tidak diharapkan, contohnya MBE, itu hal yang merugikan banget buat kaum cewek.
Kenapa Itu Bisa Terjadi ???

Selasa, 01 Maret 2011

JADILAH PEMENANG, JANGAN MENJADI PECUNDANG ( Tunjukkan Kualitas Dirimu)


Dalam hidup ini banyak sekali pilihan yang ada di hadapan kita, semua hal dapat di raih dengan mudah meski pun cenderung merugikan diri sendiri. Hal itu merupakan hal yang lumrah yang banyak dilakukan orang untuk mencapai mimpinya. Sebenarnya hal itu tidak perlu dilakukan bagi yang sadar akan kemampuan dirinya dan kualitas intelektual yang dimilikinya. Semua itu akan terlihat aneh tatkala seseorang mempunyai kedudukan atau derajat tinggi dengan pengetahuan yang minim, tapi seorang yang intelektualnya diatas rata-rata akan terlihat istimewa ketika dibandingkan dengan pecundang.

Setiap manusia diberi kemampuan yang berbeda-beda oleh Tuhan. Selayaknya