Informasi Pendidikan Eskul Media Mandiri bersama SMA PGRI 1 Majalengka, SMKN 1 Talaga, SMAN 2 Majalengka, SMKN 1 Majalengka, SMAN 1 Jatiwangi, SMAN 1 Talaga

Senin, 21 Maret 2011

BANJIR.....!!!!

Banjir adalah salah satu contoh bencana alam yang berasal dari hujan, ombak air laut, sungai yang terpenuhi oleh barang-barang bekas (sampah), hutan yang gundul (tidak terdapat pepohonan) dan masih banyak lagi. Banjir merupakan bencana alam yang sudah ditentukan oleh Allah SWT kepada kita semua, kita harus menerima takdir (Qadar) yang telah ditetapkan oleh-Nya.


Pentingnya lagi kita smeua harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita, supaya tidak terjadi kejadian yang tidak diharapkan oleh kita semua, yaitu bencana banjir, akan tetapi apabila sudah ditetapkan oleh Allah SWT kita harus menerima dengan hati yang sabar serta tabah menerima kejadian yang sudah Allah berikan. kita semua hanya bisa berdo'a kepada-Nya agar selamat dan dijauhkan dari kejadian-kejadian yang tidak diharapkan.

Menurut penelitian para ahli di Bali pada tahun 2050 akan terjadi bencana, yaitu daerah Bali akan tenggelam oleh banjir. Mencegah bencana banjir itu sangat mudah, misalnya jangan membuang sampah sembarangan, membersihkan selokan-selokan yang tersumbat oleh sampah supaya air bisa mengalir ke tempat yang sudah ditentukan, membersihkan sungai yang telah di kotori oleh sampah-sampah dan barang-barang yang berserakan di dalam airnya demi kelangsungan hidup ekosistem yang terdapat di dalam sungai tersebut, melakukan penghijauan (reboisasi) hutan-hutan kembali agar air hujan dapat terserap oleh akar-akar pohon yang ada di hutan, dan masih banyak lagi cara untuk mencegah banjir tersebut.

Dengan demikian, apabila kita mengingat lingkungan yang ada di sekitar kita, sampah juga pasti berbahaya, sampah-sampah kelihatannya saja tidak berbahaya, akan tetapi apabila kita lebih teliti, cemat dan dikaji lebih dalam lagi, sampah itu apabila sudah bertumpuk atau berserakan dihalaman dan yang terdapat di selokan-selokan rumah kita, sampah yang ada di sungai, barang-barang bekas yang berserakan di sungai dan juga hutan-hutan yang gundul, maka hal itu semua akan menimbulkan banjir di daerah lingkungan itu.

Maka daripada itu, demi keberlangsungan hidup kita yang sehat, kita semua harus menjaga kebersihan dilingkungan sekitar, jika kita semua bisa menjaga kebersihan lingkungan sekitar semoga bisa mengurangi kebanjiran tersebut.

Maha kuasa Allah SWT, segala sesuatu yang telah ditakdirkan oleh Allah SWT pasti ada hikmahnya, asal kita tabah dan sabar menerima cobaan dari-Nya.{dik's)


Penulis : Juniah
Kelas   : XII - IPA SMA Negeri 1 Jatitujuh
Email  : enok_juniah@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar