Informasi Pendidikan Eskul Media Mandiri bersama SMA PGRI 1 Majalengka, SMKN 1 Talaga, SMAN 2 Majalengka, SMKN 1 Majalengka, SMAN 1 Jatiwangi, SMAN 1 Talaga

Selasa, 01 Maret 2011

JADILAH PEMENANG, JANGAN MENJADI PECUNDANG ( Tunjukkan Kualitas Dirimu)


Dalam hidup ini banyak sekali pilihan yang ada di hadapan kita, semua hal dapat di raih dengan mudah meski pun cenderung merugikan diri sendiri. Hal itu merupakan hal yang lumrah yang banyak dilakukan orang untuk mencapai mimpinya. Sebenarnya hal itu tidak perlu dilakukan bagi yang sadar akan kemampuan dirinya dan kualitas intelektual yang dimilikinya. Semua itu akan terlihat aneh tatkala seseorang mempunyai kedudukan atau derajat tinggi dengan pengetahuan yang minim, tapi seorang yang intelektualnya diatas rata-rata akan terlihat istimewa ketika dibandingkan dengan pecundang.

Setiap manusia diberi kemampuan yang berbeda-beda oleh Tuhan. Selayaknya
kemampuan itu dikembangkan agar menjadi ciri khas dirinya sendiri dan kelebihan yang luar biasa jikalau kita benar dalam mengolah potensi diri tersebut. Pada intinya semua manusia layak menjadi pemenang, bukan hanya sekedar pemenang tapi pemenang sesungguhnya, asalkan ada kerja keras dan kejujuran. Karena hal itu ciri pemenang sejati. Apa bila kamu tidak percaya diri dengan keadaan fisik yang dimiliki, selayaknya kamu jangan menganggap hal itu kekurangan tapi buatlah kekurangan itu menjadi kelebihan.
Pernahkah kamu mencoba tampil di depan, kalau belum pernah, ujilah mental kamu dengan keinginan yang kuat dan dengan bakat yang kamu miliki, hal itu akan membuat kamu menyadari potensi yang ada pada dirimu, kita sebagai generasi muda, jangan berleha-leha duduk santai dan manja-manjaan dengan fasilitas yang diberikan oleh orang tua kita, karena hal itu akan menghambat  perkembangan diri seseorang, dengan katalain kamu belum layak disebut dewasa.

Perlahan tapi pasti lakukanlah demi langkah skenario hidupmu, mau dibawa kemana kehidupanmu, apakah mau dibawa ke arah kemunduran atau ke arah yang membuat kamu untuk maju. Dalam hal itu banyak sekali yang memilih untuk tidak memikirkannya bahkan menganggap sepele. Sikap seperti itulah yang akan menjebloskan kita ke jurang kemunduran, misalnya : melakukan sex diluar nikah, penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang, hal itu sungguh menyedihkan karena apalah arti hidup kalau kamu sendiri yang merusaknya dan sepantasnya orang seperti itu disebut pecundang. Kebalikannya orang yang sabar dalam menjalani kehidupan, mereka selalu tekun, berusaha dan ingin menjadi yang terbaik. Hal itu akan mendorong ke arah kemajuan dan menjadikan kita sebagai manusia yang modern dan up to date, dan sikap tersebut adalah sikap yang ada dalam orang yang ingin menjadikan hidupnya berarti dan tidak sia-sia ia di lakukan, karena ia berfikir kenapa saya begini, siapa saya, bagaimana saya harus melangkah dalam hidup, sehingga dalam menjalani hidup apa yang ingin di kerjakan penuh dengan pertimbangan dan tidak ceroboh.

Menjadi orang yang wibawa adalah impian semua orang, siapa coba yang tidak ingin dihormat ? hormat deh semua orang dan cara untuk menjadi orang berwibawa adalah sebagai berikut :
1. Disiplin, penuh dengan tanggung jawab akan dirinya dan orang banyak.
2. Perkataannya harus di filter dulu dan jangan terlalu mengumbar dengan kata-kata yang tidak perlu.
3. Sikapnya yang penuh dengan kesiapan, baik sikap mental maupun sikap segalany.
4. Jujur dan bijaksana.

Hal di atas adalah tips untuk menjadi orang yang sukses dalam arti sukses yang sebenarnya, dan hal yang paling penting yaitu bagaimana mengendalikan diri kita untuk tidak mudah terpengaruhi untuk kesenangan yang sesaat dan pemenang sejati adalah orang yang berhasil menaklukkan diri sendiri dan maumengakui kehebatan orang lain. Sebaliknya seorang pecundang merasa dirinya itu lebih di atas orang lain, sementara daya intelektualnya rendah, orang seperti itulah yang sebenarnya rugi.

Untuk itu, dalam hidup hendaknya lakukan apa yang ingin kamu lakukan selama apa yang kamu lakukan itu positif dan berguna bagi orang banyak, jadi .... "WARNAI HIDUPMU DENGAN WARNA YANG PALING INDAH". {dik's}

(Penulis : Ahmad Suradi, Siswa SMA Negeri 1 Jatitujuh kelas XII IS 2)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar