Informasi Pendidikan Eskul Media Mandiri bersama SMA PGRI 1 Majalengka, SMKN 1 Talaga, SMAN 2 Majalengka, SMKN 1 Majalengka, SMAN 1 Jatiwangi, SMAN 1 Talaga

Rabu, 19 Oktober 2011

Ruang Lingkup Media

Adi Mustofa
Kru Pendukung Eskul Media Mandiri 


Periklanan Majalah
Dalam beberapa dekade terakhir, majalah merupakan satu media yang tumbuh pesat untuk melayani kebutuhan dan kepentingan dan pendidikan, informasi serta hiburan dari banyak pembaca dalam pasar konsumen mapun bisnis. Keragaman majalah yang besar ini menjadikan media yang menarik bagi para pengiklan. Industri majalah mencatat rekor peningkatan 2,1% pendapatan periklanan selama kuartal pertama pada tahun 1999 dibandingkan kuartal pertama tahun sebelumnya. Sebuah kecenderungan baru, penerbitan yang disusun sesuai permintaan tertentu (sekitar $3 miliar kategori publikasi sesuai dengan permintaan pemasar sponsor)tumbuh pesat dalam lima tahun terakhir ini. Sebagai contoh, majalah USAir yang dikelola oleh New York Times Custom Publising didistribusikan di seluruh penerbangan USAir bagi para penumpangnya.

Klasifikasi Majalah
Ribuan majalah berbeda  diterbitkan di Amerika Serikat. Karena begitu beragamnya majalah pengklasifikasikan tipe-tipe utamanya akan sangat bermanfaat. Majalah umumnya dikategorikan berdasarkan khalayak luas yang mereka layani. (1) majalah konsumen, (2) majalah bisnis, (3) majalah pertanian, dan (4) majalah computer/internet.sebuah kategori baru yang sedang bangkit adalah majalah Online.

Majalah Konsumen
Para pengiklan tidak memilih majalah sebagai media sesering yang mereka lakukan dengan produk berdaya tarik massal pada umumnya. Namun demikian, majalah sangat baik untuk menjagkau segmen konsumen tertentu kelompok sasaran. Better Homes and Gardens diorentasikan kepada para pengurus rumah dan jasa keluarga. Sport lllustrated diorentasikan kepada para pencandu olahraga. Bahkan penyangkut pasar sasaran umum yang sama, misalnya, kaum wanita, terdapat majalah yang menyerukan hampir setiap minat dan gaya hidup spesifik konsumen. Sebagai contoh terdapat publikasi-publikasi bagi kaum wanita yang mendekorasi berkebun, memasak, dan menjahit terdapat pula majalah-majalah tentang perkawainan, perjalanan, kebugaran,busana, karir, dan kesehatan. Ada juga yang sedikit-sedikit mencoba mencakup kesemuanya (majalah-majalah minat umum). Meskipun majalah minat umum mampu beratahan lebih dari satu abad, majalah-majalah yang ditargetkan kepada pasar-pasar khusus telah semakin popular dan berhasil dalam dekade terakhir ini. Sebagai contoh, tiras majalah Fitness berlipat ganda, meningkat dari 300.000 pada tahun 1992 menjadi 700.000 pada tahun 1996, menurut audit ABC.
Majalah juga semakin baik menjangkau pasar-pasar target dalam wilayah-wilayah geografis. Banyak majalah yang dijual ke seluruh penjuru Amerika Serikat menerbitkan edisi-edisi regional yang hanya didistribusikan di daerah-daerah tertentu atau mengubah isi iklan mereka sesuai kebutuhan daerah tertentu. Beberapa majalah, sepeti Midwest Living, hanya menarget satu wilayah geografis

Majalah Bisnis
Sementara majalah konsumen diarahkan kepada mereka yang membeli produk-produk untuk dikonsumsi sendiri, majalah bsinis di arahkan kepada para pembaca bisnis. Terdapat ada beberapa tipe majalah bisnis: majalah industri yang diarahkan kepada para pelaku manufaktur (misalnya, Chemical Week), majalah perdagangan yang diarahkan kepada para perantara (misalnya, progressive Grocer), dan majalah profesional yang diarahkan kepada sebuah profesi spesifik (misalnya, National Law Review). Berdasarkan tiras majalah bayaran tahun 1997, tiga majalah bisnis teratas adalah Journal Of Accouting (351.602), Nursing (344.434), dan ABA Journal (309.541)

Majalah Pertanian
Kategori majalah ketiga adalah publikasi-publikasi pertanian, diarahkan kepada petani, diarahkan kepada para petani dan keluarga-keluarga mereka atau kepada perusahaan-perusahaan yang memproduksi atau menjual peralatan, pasokan, dan jasa pertanian. Successful Farming adalah majalah bayaran tertiras paling tinggi dalam kategori ini pada tahun 1997 (476.357),diikuti oleh Progressive Farmer (286.383), dan farm Journal (197.370). sebagai pengiklan menganggap penting pasar publikasi pertanian sebagai sebuah media periklanan, mereka mungkin tidak mengunakannya dengan baik.

Majalah Komputer/Internet
Sebagai sebuah kategori majalah yang baru, ditargetkan kepada para pengguna computer dan internet, pertumbuhan merebak dari pertengahan hingga pengujung tahun 1990-an. Sebagai contoh, satu toko Barnes & Noble Bookselers bisa memajang sebanyak dua puluh judul pada rak khusus internet. Judul-judul ini termasuk segala hal mulai yang umum (Internet Basics dan Webguide Monthly,yang mencakup lebih dari 1.000 situs web) hingga yang sangat khusus (Online Investor). Judul-judul majalah computer terpouler adalah PC World (tiras tahun 1997 sebanyak 1.124.589), yang menampilkan informasi umum tentang topic-topik computer/internet, termasuk perangkat lunak terbaru.

Majalah Online
Para penerbit cetak mulanya merasa ragu untuk meluncurkan versi Online majalah mereka, takut kalau itu akan “menganibal properti-properti cetak mereka.” Bagaimanapun, lahan majalah Online telah dirintis oleh penerbit-penerbit sepeti Time Warner, yang diperluas dari sebuah situs web dengan dukungan hanya lima pengiklan pada tahun 1994 hingga saat ini menjadi Pathfinder Network yang menampung edisi-edisi online majalah Time, Pople, Money, Fortune, dan Entertainment Weekly, diantara judul-judul lain. Kelebihan utama majalah online dikatakan berupa loyalitas pembaca. Penargetan khusus juga di mungkinkan. Time Warner telah mendapati bahwa demografi-demografi pembaca versi cetak dan versi online ternyata agak berbeda. Pembacaan halaman (page view) bulanan terhadap Time Online mengumpulkan angka sebanyak 12,2 juta pada musim semi 1998, dibandingkan dengan 4,2 juta sirkulasi bulanan publikasi cetaknya.
(Sumber : Prinsip-prinsip Pokok  dalam Perspektif Global) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar