Liputan Pendidikan

PhotoScape Mania MS Product bersama SMAN 1 Kasokandel, SMAN 1 Sukahaji, SMAN 1 Kadipaten, SMKN 1 Kadipaten, MTsN Sukaraja, SMPN 1 Kasokandel

Jumat, 16 Desember 2011

Hendra Sukmana, Bersyukur Bisa Menjadi Jendral


Hendra Komara bersama  istri di sebuah  peternakan sapi 
Polisi adalah alat negara yang paling dibutuhkan keberadaannya dalam kancah menjaga keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat dan negara. Untuk menjadi seorang polisi bukan hal mudah, harus melewati ujian-ujian tertentu yang sangat berat, karena itu, polisi adalah putra-putri terbaik Indonesia. Dalam edisi kali ini Eskul Media Mandiri menampilkan sosok yang mumpuni yakni seorang inspektur Jendral polisi. Lengkapnya Irjend. Pol. Purn. Drs. H. Hendra Sukmana, MH. Ia adalah mantan perwira tinggi lulusan Akademi Kepolisian RI Semarang angkatan 1975. Ia menempuh pendidikan di Universitas Padjadjaran hingga mencapai gelar Magister Hukum dan saat ini sedang mempersiapkan diri mencapai gelar Doktor. 

Hendra Sukmana adalah pria asal Sukabumi yang berdarah Sunda-Sumatra. Yakni ibunya dari Sukabumi dan ayahnya dari Sumatra. Bila di rumah (Bumi Serpong Damai, Tangerang)  ia adalah seorang sosok ayah yang bersahaja, yang beristrikan Hj. Maryani dan dikarunia anak yaitu Hesty, Feblya Anggayesti Handayani, dan Triwahyudi. Salahsatu putranya kini bertugas sebagai perwira menengah di Polres Kota Cimahi. 

Karir demi karir telah dilaluinya selama menjadi polisi. Karir awal setelah lulus dari Akpol, ditempatkan di Polda Banda Aceh (Aceh Nangroe Darussalam). Kemudian dipindahtugaskan ke Polda Jabar sebagai Kapolres Sumedang, Kapolres Tasikmalaya, Kapolres Cibabat (Cimahi), perwira di Mabes Polri, Kapolwiltabes Bandung, dan terakhir sebagai Staf Ahli Kapolri hingga akhir karirnya di kepolisian. Banyak sekali pengalaman berharga selama dirinya menjadi seorang perwira khususnya selama bertugas di Tasikmalaya karena saat bertugas sebagai Kapolres Tasikmalaya, terjadi kerusuhan di sana. Meskipun demikian, semua tugasnya dijalankan dengan baik.  Tak heran jika pangkat Inspektur Jendral Polisi disandangnya, karena dalam tugasnya segala permasalahan dapat diselesaikan dengan tegas dan bijak.

Menurut Hendra Sukmana, dirinya bisa mendapatkan pangkat inspektur jendral polisi sebagai hal yang disyukurinya karena sebenarnya pangkat tersebut merupakan jenjang yang sudah maksimal sementara pangkat di atas Irjend merupakan jenjang khusus di mana perwira-perwira tinggi tertentulah yang bisa memegangnya dan merupakan tugas khusus. “Saya sudah bersyukur bisa memperoleh pangkat tersebut..!” katanya, ketika bertemu di kediamannya menjelang keberangkatan Pimpinan Eskul Media Mandiri, Endang Suhendar, ke London Inggris, beberapa waktu lalu.  ***(Tata Suarta/ES) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar