Informasi Pendidikan Eskul Media Mandiri bersama SMA PGRI 1 Majalengka, SMKN 1 Talaga, SMAN 2 Majalengka, SMKN 1 Majalengka, SMAN 1 Jatiwangi, SMAN 1 Talaga

Senin, 13 Mei 2013

Tidur Saat Belajar

Pernahkah Anda melihat teman Anda atau murid Anda tidur saat proses belajar mengajar? Ya, Anda sendiri yang bisa menjawabnya.

Saya juga pernah melihatnya, yaitu ketika di SMA dan semester genap kemarin di kampus. Apakah penyebabnya?

Ada beberapa kemungkinan penyebab siswa tidur di dalam kelas, diantaranya karena kurang fit atau sakit, lelah, kurang tidur, atau karena penyampaian materi yang disampaikan oleh seorang Guru kurang menarik.

Nah, Saya akan sedikit mengulas kemungkinan yang terakhir, seperti yang dikatakan oleh dosen Landasan Pendidikan , Universitas Pendidikan Indonesia, Prof. Dr. H. Oong Komar, M.Pd. di ruag kelas "Salah satu penyebab siswa tidur di kelas adalah kemampuan seorang Guru dalam menyampaikan materi pelajaran kurang menarik minat siswa."

Oleh karena itu, apabila seorang siswa tidur di kelas tidak boleh seorang Guru langsung memarahi siswa, karena bisa saja Gurunya yang bersalah.

Untuk itu seorang Guru diharapkan mampu menguasai materi serta menarik hati siswa untuk belajar degan sungguh-sungguh. Dengan begitu tidak ada lagi siswa yang tidur saat belajar, karena mereka tidak mau ketinggalan proses belajar mengajar. (fei)

2 komentar:

  1. iya tuh, kadang kalau pembawaan gurunya kurang menarik jatuhnya malah bosan...

    BalasHapus
  2. tapi kenapa ya fei lies mah bagian pak maftuhin aja tidur, tapi cuma bentar hanya butuh waktu buat memulihkan konsentrasi

    BalasHapus